Rabu, 07 Juli 2010

Katalog Tentang Naskah Kuno


Sebuah katalog dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia tergeletak diatas meja laptopku. Entah siapa yang membawanya. Lalu, iseng aku membuka lembaran demi lembaran dari katalog tersebut dan mulai membaca isi kandungannya. Sungguh luar biasa. Aku menemukan sesuatu yang menarik dari katalog tersebut. Salah satunya, memuat tentang ringkasan naskah-naskah kuno yang ternyata telah eksis ribuan tahun lalu, jauh sebelum Negara Indonesia ada. Membaca katalog tersebut, imajinasiku seakan dibawa terbang menuju peradaban lampau. Peradaban yang mungkin syarat dengan tradisi dan sekaligus kental pula dengan nuansa yang beraroma mistis. Tak terbayangkan sebelumnya, bagaimana orang-orang di jaman dulu dengan segala keterbatasannya mampu membukukan sejarah kehidupan mereka melalui manuskrip/naskah kuno, yang pada akhirnya bisa dinikmati hingga hari ini. Bukti bahwa mereka pun tidak ingin dilupakan….

Dan berikut beberapa ringkasan naskah-naskah kuno tersebut yang kucuplik dari Katalog milik Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, sebagai berikut :


PUSTAHA LAKLAK
  • Naskah kulit kayu Alim, ukuran 11 x 19 cm, 58 hlm, 11 baris, aksara Batak, Bahasa Batak bentuk Prosa.
  • Isi Singkat : Obat-obatan, dan pencegahan terhadap guna-guna orang lain, dan mantra-mantra.
ASAL RAJA-RAJA SAMBAS
  • Naskah kertas, ukuran 32, 20 cm, 16 hlm, 21 baris, Aksara Arab, Bahasa Melayu, bentuk Prosa.
  • Isi Singkat : Sejarah raja-raja Sambas dan Sukadana, terutama tentang Sultan Safiuddin, pada halaman 12. Dimulai dengan episode tentang Brawijaya dari Majapahit.
SILSILAH KUTAI
  • Naskah kertas, ukuran 33 x 23 cm, 138 hlm, 38 baris, Aksara Latin Bahasa Melayu, bentuk Prosa.
  • Isi Singkat : Beberapa kronik tanpa disertai dengan teks.
HIKAYAT RAJA BANJAR DAN KOTAWARINGIN
  • Naskah kertas, ukuran 19,5 x 31 cm, 74 hlm, 30 baris, aksara Arab, Bahasa Melayu, bentuk Prosa.
  • Isi Singkat : Mengisahkan dua anak Ampu Mandastana bermusuhan dengan Lambung Mangkurat, sehingga keduanya mati. Orang tuanya juga mati karena sedihnya. Lambung Mangkurat bermimpi menerima putri yang telah kawin dengan Raden putra Mulia dari Majapahit.
LONTARAK PABBURA
  • Naskah kertas, ukuran 13 x 22 cm, 85 hlm, 15 baris, Aksara Bugis, Bahasa Bugis, bentuk prosa.
  • Isi Singkat : Berbagai macam obat-obatan tradisional orang Bugis, dan mantra-mantra untuk mengusir syaitan dan lain sebagainya.
WAWANCARA CERITA SAMU
  • Naskah kertas, ukuran 32,9 x 21,3 cm, 185 hlm, 18-20 baris, Aksara Jawa Sunda, (Cacarakan) Bahasa Sunda, bentuk puisi.
  • Isi Singkat : Gandawerdaya dipungut anak oleh nakhoda, sedangkan Gandasari oleh Ki Samun (bapaknya Samun) Samun sangat membenci Gandasari sehingga Gandasari pergi. Gandasari kemudian bertemu dengan Gandawerdaya.
NASKAH LAMPUNG
  • Naskah Bambu, ukuran 13 x 22 cm, 85 hlm, Aksara Kanganga (Lampung) Bahasa Lampung, bentuk Prosa.
  • Isi Singkat : Tentang Ajaran Agama Islam.
CERITA I LA GALIGO
  • Naskah kertas, ukuran 8,2 x 10,3 cm, 78 hlm, 9 baris, Aksara Bugis, Bahasa Bugis, bentuk Prosa.
  • Isi Singkat : Teks Cerita I La Galigo ini, merupakan naskah cerita dari Dewa di langit yang menguraikan tentang permainan sabung ayam di dunia atas, serta menjelaskan nama jenis ayam yang baik untuk dijadikan permainan, asal mula raja-raja semua mahluk hidup di atas bumi, yang diturunkan oleh Dewa di Langit. Teks berakhir dengan uraian doa-doa untuk menyembah kepada Dewa di Boting langi (dunia atas).
SERAT SARASILAH RAJA-RAJA JAWA
  • Naskah kertas, ukuran 29 x 39 cm, 39 hlm, 28 baris/hlm, Aksara Jawa, Bahasa Jawa, bentuk Prosa.
  • Isi Singkat : Menyebutkan nama-nama raja dan urutan keturunan, daerah kekuasaan dan segala peristiwanya. Pada akhir teks disebutkan silsilah mulai dari Panembahan Senapati yang betahta tahun 1512-1547 sampai Hamengkubuwana Sayidin Panatagama yang bertahta tahun 1759-1769.
PARARATON
  • Naskah lontar, ukuran 3 x 40 cm, 47 lempir, 4 baris/hlm, Aksara Bali, Bahasa Bali, bentuk Prosa.
  • Isi Singkat : Menceritakan mulai lahirnya Ken Arok, sampai menjadi raja pertama di Singharaja setelah masa Raja Kertanagara, kerajaan Singhasari runtuh, lalu muncul kerajaan Majapahit dengan raja pertamanya yang bergelar Kertarajasa Jayawardana. Majapahit mengalami kejayaan pada masa Raja Hayam Wuruk. Setelah masa itu, Majapahit sering mengalami pergantian raja-raja berakhir pada tahun 1478 M.

47 komentar:

  1. Hendi Kusyanto7 Jul 2010 05.18.00

    Luar biasa sekali. Sungguh membuat penasaran untuk mengetahuinya lebih lanjut

    BalasHapus
  2. Setuju sekali dengan Hendi. Saya juga jadi penasaran nih pengen mengetahuinya secara lengkap. Tolong diulas lebih jauh ya. Soalnya, tulisan diatas hanya garis besarnya saja yang dibahas.

    BalasHapus
  3. Hendi Kusyanto & Andini : Ternyata kalian sangat interest ya dengan yang namanya sejarah. Salut dan mudah2an kedepannya aku bisa dapatkan bahan mengenai hal ini secara lengkap. Biar kalian nggak penaran lagi.

    BalasHapus
  4. Bagi mereka yang konsen terhadap sejarah pati akan 'gregetan' untuk segera menyelaminya lebih mendalam...dokument yang luar biasa!

    Terimakasih Mas Ifan, telah meluangkan energi dan waktu untuk bertandang ke blog Pelangi Anak.

    Salam persahabatan!

    BalasHapus
  5. Pelajaran berharga bisa kita dapatkan dengan menelusuri kajian referensi berharga seperti yang telah Mas Ifan paparkan. Makasi ya...

    BalasHapus
  6. Lengkap banget sob kepustaan sejarahnya.
    semoga dengan adanya dokumentasi tersebut dapat meningkat makna sejarah bangsa ini guna menjaga peLestariannya pada budaya ketimuran umumnya, dan keanekaragaman budaya indonesia khususnya.

    BalasHapus
  7. Pelangi Anak : Benar mbak. Pasti akan ada ketertarikan yang begitu kuat bagi mereka yang mencintai sejarah dengan mencoba menggalinya lebih dalam. Terima kasih juga ya telah berkunjung ke blogku.

    Tusuda : Iya, sejarah memang mampu memberikan pengajaran berharga bagi semua manusia di dunia ini.

    Om Rame : Semoga pak. Kita juga semua berharap agar kelestarian sejarah Indonesia dapat menjadi sebuah keanekaragaman budaya yang dapat disaksikan oleh siapapun juga, khususnya orang dari luar Indonesia

    BalasHapus
  8. Pustaka sejarah yg sangat langka d tunggu artikel berikutnya..salam kenal dr blogger balikpapan..sukses selalu

    BalasHapus
  9. ♫Salaman Dulu♫
    Sepertinya bagus nih katalognya, hi hi
    ♫Salam Hangat♫
    I♥Blogger

    BalasHapus
  10. AriefBorneo : Salam kenal juga ya. Semoga kita semakin mencintai sejarah Indonesia.

    Ozzy Blog : Salaman Balik. Sukses dan semangat terus buat kamu..

    BalasHapus
  11. wah... jadi pengen baca tuh.... angker kayanya.. hehe..

    salam kenal ya... ^^

    BalasHapus
  12. pinjeem donk katalognya. hehe

    salam kenal!!

    BalasHapus
  13. jaga katalog..sejarahnya jangan sampe hilang

    BalasHapus
  14. hayo lho om dateng dari mane tuh dateng sendiri hehe, bagus om katalognya

    BalasHapus
  15. Arif Chasan : Lho, kok angker? Bukannya bagus tuh buat menambah pengetahuan.

    Thya : Pinjam? Wah, kejauhan. Cari di internet aja mengenai hal2 tsb.

    Johan : Oke, akan aku jaga.

    Four Dreams : Pastinya. Kalau nggak bagus, nggak mungkin kubuat postingan

    BalasHapus
  16. Naskah kuno serasa dilupakan aja di jaman modern ini

    BalasHapus
  17. moga naskah2 tersebut tetap terjaga tidak sampai hilang atau dibawa ke luar negeri :)

    BalasHapus
  18. mantaaap bener...
    tapi aku kurang paham ma sejarah....
    hehehe

    BalasHapus
  19. kayanya seru tuh, boleh lah di ulas satu2 hehehe

    BalasHapus
  20. Tomo : Benar sekali. Terlupakan dan bahkan terabaikan.

    Waroeng Coffe : Kita semua juga berharapnya seperti itu

    Riesta : Ayo, pelajari sejarah...

    Fahmi Nurika : Diulas satu2...kayanya oke juga tuh.

    BalasHapus
  21. katalognya tipis ya tapi banyak isinya

    perlu juga saya rasa mengetahui pola kehidupan masyarakat zaman dulu

    BalasHapus
  22. Agung Aritanto : Begitulah. Memang ada baiknya, kita sebagai generasi muda mempelajari sejarah peradaban masa lampu, baik pola hidupnya, kebudayaan dan lain sebainya.

    Arif Chasan : Trims ya dengan kunjungan baliknya. Sukses dan semangat selalu

    BalasHapus
  23. pernah tu dulu pelajaran sejarah tentang kerajaan kutai :)

    BalasHapus
  24. Ketawa Bersama Oby : Baca aja sekarang. Seru lho...

    Aby Umy : Pastilah kalau pelajaran sejarah ada membahas kerajaan Kutai Kartanegara

    BalasHapus
  25. kalau dibuat reproduksi pasti bagus, untuk melestarikan isinya ...

    BalasHapus
  26. Mampir siang bang sambil baca2...slmat berhari mingguan bang

    BalasHapus
  27. Joe : Benar juga. Biar semua orang akan dengan mudah mendapatkan katalog ini.

    Arief Borneo : Selamat hari minggu juga. Sukses dan semangat selalu

    BalasHapus
  28. met malam sobat, absen neh :)

    BalasHapus
  29. Berkunjung balik mas...
    Menarik juga posting tentang dokumen2 sejarah kuno pra Indonesia ya mas...

    BalasHapus
  30. Aby : Terima kasih atas kunjungan baliknya. Oh ya, gravatarnya udah berhasil aku terapkan.

    Srex : Memang menarik. Ini bisa menjadi penambah pengetahuan kita tentang sejarah Indonesia.

    BalasHapus
  31. sejarah memang bukan tuk dilupakan :)

    BalasHapus
  32. halo sob...
    boeh berkunjung lagi gak?? XD

    BalasHapus
  33. wah, ada tah? penasaran jg saya...

    BalasHapus
  34. Four Dream : Bolehlah...

    Aulia Ahmad : Setuju. Bukan untuk dilupakan tetapi untuk diingat dan dikenang.

    Ketawa, Lucu, Ngakak : Boleh aja. Silahkan.

    Siroel : Hmm...penasaran ya? Ayo buruan cari naskah serupa di internet.

    BalasHapus
  35. katalog yang bagus....campuran ya itu mas dari sumatera, jawa kayknya ada semua.....cool...??

    BalasHapus
  36. saya khawatir, semua naskah itu hanya berakhir dalam lembaran katalog dan tak lebih dari sekedar tontonan pameran.

    BalasHapus
  37. sejarah memang berdaya tarik besar :)

    BalasHapus
  38. Uqi : Benar. Katalog ini membahas banyak naskah dari berbagai tempat di Indonesia.

    CK : Wah, kalau itu sampai terjadi, pasti sangat menyedihkan.

    Anyindia : Seperti itulah. Tetapi perlu keseriusan juga untuk mempelajarinya

    BalasHapus
  39. Itu nemu dari mana mas ? hehehe

    BalasHapus
  40. inget kata2 bung karno JAS MERAH jangan sekali2 meninggalkan sejarah, dengan mengingat sejarah kita bisa tau proses hidup ini menyangkut segala hal :)

    BalasHapus
  41. Arif Chasan : Silahkan.

    Haritsmugni : Katalog tsb dapatnya dari pameran. Baguskan.

    Richo : Hebat nih. Ingat aja dengan pidatonya bung Karno. Pastinyalah, kita sebagai generasi muda harus selalu ingat dengan yg namanya sejarah.

    BalasHapus
  42. Pemiliknya sekarang dah ketemu belum fan ?

    BalasHapus
  43. Ahsanfile : Pemilik katalog tersebut ternyata kakakku.

    BalasHapus