Minggu, 09 Mei 2010

Kuliah Lagi Ujian Lagi

Kuliah di Universitas Terbuka (UT) benar-benar butuh perjuangan. Butuh perjuangan karena mahasiswa dituntut untuk belajar secara mandiri. Mulai dari membaca modul-modul perkuliahan secara mandiri sampai mengerjakan tugas-tugas tutorial online pun dilakukan secara mandiri pula (ya iyalah harus dilakukan secara mandiri, karena kalau dikerjakan orang lain, bukan mandiri namanya). Kuliah di UT memang sedikit berbeda dengan kuliah regular pada umumnya. Kuliah regular mengharuskan adanya tatap muka antara dosen dan mahasiswa pada setiap sesi perkuliahan. Disamping itu, ada tugas-tugas yang harus dikerjakan dan dikumpul pada tenggat waktu tertentu dalam bentuk fisik, berupa laporan atau makalah. Sementara di UT tatap muka tidak diharuskan, kecuali bagi mereka yang mengambil program studi kependidikan. Ini berarti mahasiswa harus pro aktif terhadap dirinya sendiri untuk menguasai modul-modul mata kuliah yang nantinya akan diujikan pada setiap 6 bulan sekali. Satu-satunya cara untuk menguasai modul mata kuliah tersebut adalah dengan rajin membaca. 

Nah, disinilah persoalannya. Aku yang juga terdaftar sebagai salah 1 mahasiswa UT pada UPBJJ Samarinda kadang mengalami kendala dengan hal ini. Minat membacaku itu ternyata tidak sekuat yang aku duga. Apalagi bila harus dihadapkan dengan modul-modul yang tebalnya minta ampun. Aduh, rasanya tidak kuat. Makanya jangan heran kalau nilaiku di UT tidak terlalu bagus alias jeblok. Ya itu tadi, karena kemampuan membaca yang lemah. Beda sekali dengan beberapa tahun silam, sewaktu aku masih menempuh perkuliahan D3 pada salah 1 universitas negeri di Samarinda. Nilai-nilaiku termasuk lumayan dan bahkan bisa mengambil mata kuliah untuk semester diatasnya. Jelas saja, waktu itu kan’ aku lagi fresh-fresh nya lulus dari SMA dan langsung melanjutkan kuliah. Jadi, otak lumayan encer. Kalau sekarang, kayanya udah karatan.
*****
Hari minggu ini, dari pagi sampai sore, aku harus kembali berkutat dengan ujian-ujian mata kuliah di UT. Tempat pelaksanaannya seperti biasa di SMKN Negeri 1 Samarinda yang terletak dibilangan jalan Pahlawan. Dan entah kenapa, setiap kali ujian, selalu saja hujan turun dengan lebatnya. Pertanda apakah gerangan?

Mahasiswa yang tengah serius mengerjakan soal-soal ujian

Jujur, persiapanku pada ujian kali ini tidak terlalu maksimal. Aku hanya mengandalkan tugas-tugas yang telah kukerjakan sebelumnya melalui tutorial online pada website pembelajaran UT. Paling tidak aku berharap, dengan mengerjakan tugas tutorial online ini bisa mendongkrak nilaiku ke posisi yang lebih baik.

Sebenarnya, tutorial online ini merupakan sesuatu yang baru bagiku. Baru semester 4 inilah aku memanfaatkan layanan tersebut. Sebelumnya aku tidak mengerti sama sekali manfaat apa yang bisa diambil dengan mengikuti tutorial online. Tapi setelah mempelajari dengan seksama, aku mulai memahaminya. Dan menurutku, pembelajaran secara online ini sangat bermanfaat untuk memantapkan pemahaman mahasiswa tentang materi mata kuliah yang akan diujikan. Paling tidak, mahasiswa mendapatkan gambaran bentuk soal semacam apa yang nantinya diprediksi keluar pada waktu ujian. 

Lokasi tempat berlangsungnya ujian

Meski agak terlambat mengetahui manfaat layanan tutorial online UT, tapi ini sudah menjadi langkah besar bagiku. Apalagi dengan adanya laptop dan fasilitas internet unlimited yang kupunyai sekarang ini, semakin memudahkanku untuk mengikutinya. Sampai malam pun mengikuti tutorial online ini tidak jadi masalah. Meski sedikit bermasalah dengan jaringan yang agak lemot, tapi ini bukan hambatan. Apalagi kegiatan tutorial online ini aku lakukan di rumah. Tentunya bisa lebih bebas, lebih nyaman dan lebih-lebih lainnya dan juga bahkan bisa sambil melakukan aktifitas yang lain (semacam : rebah-rebahan, ngemil, bahkan sekali-kali bisa menengok berita di TV yang sekarang jadi headlines news). Kalau di warnet, pastinya yang lebih-lebih dan sambil itu takkan bisa dilakukan. Ya iyalah, mana ada warnet yang mau diperlakukan kaya’ rumah sendiri. Belum 1 jam browsing saja, sudah dicemberutin sama abang operatornya. Malahan mungkin langsung diusir

Hmm…kayanya sudah terlalu panjang keluh kesahku dihari ini. Aku akhiri saja sambil memohon kepada Tuhan, semoga nilai-nilai mata kuliah yang aku ikuti pada ujian kali ini bisa lebih baik dari sebelumnya. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar