Senin, 30 Agustus 2010

Masjid Islamic Center Samarinda

Setiap berkunjung ke suatu daerah yang mayoritas penduduknya beragama islam, maka jamak kita jumpai masjid. Masjid-masjid tersebut biasanya memiliki arsitektur dan ciri khas tersendiri yang berbeda antara satu daerah dengan daerah lainnya. Perbedaan ini mungkin disebabkan karena masjid-masjid tersebut dibangun dengan mencoba menyesuaikan diri terhadap karakteristik dan budaya dari masyarakat sekitar. Bisa jadi pula dengan arsitektur yang berbeda akan menjadi suatu ciri khas, sehingga ketika seseorang berkunjung ke suatu daerah, maka akan dengan mudah mengenali daerah tersebut lewat bangunan masjidnya.

Di Samarinda yang juga mayoritas penduduknya beragama islam, tentu keberadaan masjid bukanlah sesuatu yang mengherankan lagi. Hampir di setiap sudut kota akan mudah dijumpai masjid-masjid indah yang berdiri kokoh. Masjid-masjid itu antara lain Masjid Shiratal Mustaqim di Samarinda Seberang yang memiliki sejarah panjang terhadap awal penyebaran agama islam di Kota Samarinda. Berdiri tahun 1880 M yang pembangunannya dilakukan oleh Pangeran Bendahara Said Abdurrahman Assegaf, masjid ini bahkan pernah meraih juara 1 tingkat nasional sebagai masjid bersejarah di Indonesia.

Masjid lainnya adalah Masjid Raya Darussalam Samarinda yang terletak di jalan KH. Abdullah Marisi berdekatan dengan kawasan Pasar Pagi. Dulunya masjid ini menjadi masjid terbesar di Kota Samarinda selama hampir 80 tahun lebih sejak berdiri tahun 1925 silam sebelum akhirnya tergantikan oleh Masjid Islamic Center Samarinda.

Ya, sekarang ini Masjid Islamic Center Samarinda menjadi masjid terbesar dan termegah di Kota Samarinda pada khususnya dan Provinsi Kalimantan Timur pada umumnya. Bahkan, kemegahannya bisa disejajarkan dengan Masjid Istiqlal di Jakarta. Berdasar sumber yang kukutip dari website Masjid Kita, maka berikut paparan tentang Masjid Islamic Center ini.

Miniatur Masjid Islamic Center Samarinda

Masjid Islamic Center Samarinda terletak di Jalan Slamet Riyadi, Kelurahan Karang Asam, Kecamatan Samarinda Ilir, Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur dengan latar depan berupa Tepian Sungai Mahakam. Masjid ini memiliki luas bangunan utama 43.500 meter persegi. Untuk luas bangunan penunjang adalah 7.115 meter persegi dan luas lantai basement 10.235 meter persegi. Sementara lantai dasar masjid seluas 10.270 meter persegi dan lantai utama seluas 8.185 meter persegi. Sedangkan luas lantai mezanin (balkon) adalah 5.290 meter persegi. Lokasi ini sebelumnya merupakan lahan bekas areal penggergajian kayu milik PT Inhutani I yang kemudian dihibahkan kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

Bangunan masjid ini memiliki sebanyak 7 menara dimana menara utama setinggi 99 meter yang bermakna asmaul husna atau nama-nama Allah yang jumlahnya 99. Menara utama itu terdiri atas bangunan 15 lantai masing-masing lantai setinggi rata-rata 6 meter. Sementara itu, anak tangga dari lantai dasar menuju lantai utama masjid jumlahnya sebanyak 33 anak tangga. Jumlah ini sengaja disamakan dengan sepertiga jumlah biji tasbih.

Selain menara utama, bangunan ini juga memiliki 6 menara di bagian sisi masjid. Masing-masing 4 di setiap sudut masjid setinggi 70 meter dan 2 menara di bagian pintu gerbang setinggi 57 meter. Enam menara ini juga bermakna sebagai 6 rukun iman.

Nah, demikian selayang pandang tentang paparan Masjid Islamic Center Samarinda. Sengaja ditampilkan pada hari ini untuk memeriahkan kedatangan bulan Ramadhan 1431 H. Mudah-mudan bermanfaat dan menambah wawasan. Dan yang paling penting, sebagai seorang muslim, kita wajib memakmurkan keberadaan masjid tidak hanya di bulan ramadhan saja, tetapi juga dibulan-bulan lain di luar bulan ramadhan. Amin.

30 komentar:

  1. Masjid slalu jd tujuan untuk sholat di perantauan

    BalasHapus
  2. kapan bisa mampir ya ke masjid ini...apikk...banget..

    BalasHapus
  3. nyambung buat kalimat terakhir, amin.:)

    BalasHapus
  4. Tomo : Benar sekali nih karena dapat mengingatkan dengan masjid yang ada di kampung kita.

    Didiet : Pastinya.

    Fajar : Mudah2an suatu hari nanti.

    Tukang Colong : Amin juga deh. Hehehe...

    BalasHapus
  5. keren sangat ini mas Masjidnya, adik saya juga ada yg di Samarinda, dan saya pernah di tunjukin ini foto di didepan masjid ini :)

    BalasHapus
  6. Masjid-nya megah.. Jadi ingin bersembahyang disana...

    BalasHapus
  7. mari kita makmurkan masjid, jgn sampai masjid megah tapi sepi jama'ah...amiin

    BalasHapus
  8. Waduh megah banget tuh Masjid Sob..... kayanya Masjid yg Dijakarta gak segitu gedenya deh hhe....

    BalasHapus
  9. wahhh
    masjid sekarang bangunanya keren2 dan indah2 yaw
    :D

    BalasHapus
  10. muanteebbb banget nih mesjid,,,seumur2 blum pernh\ nyentuh mesjid geude kek gtu,,,bagus lagi,,,huhuyy,,,,

    BalasHapus
  11. Four Dreams : Pastinya.

    Ozzys Blog : Mudah2an bukan sekedar foto saja yang dilihat tapi menjadi kenyataan untuk melihat masjid itu secara langsung.

    Rafli Pratama : Insya Allah.

    Aulia Ahmad : Setuju. Rumah Allah harus selalu kita makmurkan.

    Ferdinand : Bisa dikatakan, masjid ini setara dengan masjid Istiqlal.

    Darahbiroe : Ya, begitulah.

    Elvindinata : Bukan hanya mantap. Keren dan Bagus banget lho.

    BalasHapus
  12. keren... heran kok masjid di luar kota sana bagus2.. kayaknya di tempat saya magelang ga ada tu gan yang keren2 gitu.... :o

    BalasHapus
  13. Waduh setara sama Istiqlal Brow? besar dan meghah berarti.. to klo boleh tau Sobat tinggal di samarinda kah>>>???

    BalasHapus
  14. luar biasa, semoga bukan cuma bangunannya saja yang hebat.

    BalasHapus
  15. Febriyanto : Mungkin belum waktunya. Insya Allah, dikemudian hari, pasti akan ada bangunan masjid yang megah di kota Magelang.

    Ferdinand : Benar banget sobat. Urang Samarinda Asli.

    Muhammad A Vip : Semoga. Bangunan yang megah harus ditunjang juga dengan jamaah yang banyak.

    BalasHapus
  16. subhanallah indah bgt masjidnya

    BalasHapus
  17. miniaturnya keren ya kang

    BalasHapus
  18. Sang Cerpenis Bercerita : Benar karena banyak mengadopsi arsitektur timteng.

    Rizky2009 : Dan juga luar biasa megahnya.

    Aby : So Pasti.

    BalasHapus
  19. begitu megahnya
    semoga dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaankepada Allah SWT
    bukan hanya sekedar simbol
    mantap

    BalasHapus
  20. Bro ada ajakan untuk membuat postingan berjudul SMP, untuk info lebih lanjut baca ya di http://symbiantechnology.blogspot.com/2010/09/anak-smp.html

    BalasHapus
  21. Attaya Jadi Anak SMP : Mudah2an seperti itu. Kan sedih ceritanya kalau Masjid ini hanya sekedar simbol tanpa ada yang mau memkmurkannya.

    Rafli Pratama : Terima kasih atas ajakannya yang luar biasa. Tapi postingan tentang anak SMP telah pernah aku buat di blogku yang lain, yaitu : http://ifanjayadi1980.wordpress.com/2010/08/27/mengenang-masa-smp/

    BalasHapus
  22. Masjid yang indah,...Semoga banyak yang memakmurkannya

    BalasHapus
  23. keren dan indah ya mesjidnya....:)

    BalasHapus
  24. Buku Ishihara : Insya Allah. Kita doakan bersama.

    Windflowers : Benar sekali. Semoga keindahan dan kemegahannya selalu terjaga.

    BalasHapus
  25. saya kira masjid isLamic center ini bukan hanya terbesar di propinsi kaLimantan timur aja Om, tapi se-indonesia, karena isLamic center yg di jakarta aja masih kaLah bagusnya. bahkan, saya dengar2 isLamic center ini sudah termegah tingkat se-asean, kaLo enggak saLah nih.

    BalasHapus
  26. Om Rame : Wah, pengetahuan bapak tentang masjid ini oke juga :)

    BalasHapus
  27. syukurLah kaLau memang benar demikian adanya, itupun hanya (katanya) informasi yg sudah saya serap. maka sebagai anak bangsa, saya pun turut berbahagia dengan ada haL ini. semoga ini merupakan saLah satu kekayaan yg dapat dimanfaatkan seutuhnya. serta pihak2 terkait dapat merawat dan menjaga peLestariannya sebagai warisan bangsa yg turun temurun di masa depan keLak.

    BalasHapus