Selasa, 12 Oktober 2010

Pemilukada Kota Samarinda

Hari ini, Selasa, 12 Oktober 2010, di Kota Samarinda sedang diadakan Pemilihan Kepala Daerah (Pemilukada) Walikota dan Wakil Walikota untuk periode 2010-2015. Ada 7 pasangan bakal calon yang bertanding. Mereka adalah Andi Harun-Damanhuri, Syaharie Jaang-Nusyirwan Ismail, Ipong Muchlissoni-Edy Kurniawan, Sutrisno-Yulianus Henock Sumual, Iriansyah Busra-Ahmad Faidilham Djafar, Riswan Asmaran-M. Nasir Waladi, dan Dani Firnanda-M Ridwan Effendi. Menurutku, setiap pasangan memiliki kesempatan yang sama untuk bisa memenangkan Pemilukada kali ini. Tinggal bagaimana mereka mensosialisasikan visi misi mereka tentang perubahan yang akan mereka buat untuk kemajuan Kota Samarinda kepada masyarakat luas.

Siapapun yang terpilih menjadi Walikota dan Wakil Walikota Samarinda akan menghadapi sejumlah persoalan klasik yang hingga saat ini belum juga terselesaikan. Persoalan-persoalan itu antara lain masalah banjir, pengangguran, kemiskinan, kemacetan lalu lintas, kesehatan, serta penambangan batubara liar yang tidak mengacu pada amdal dan sangat marak pada beberapa bulan belakangan ini.  Belum lagi persoalan-persoalan baru yang pasti akan muncul dan juga menuntut penyelesaian secepatnya.

Meski dihadapkan dengan banyak persoalan. Toh, hal ini tidak menyiutkan nyali para kandidat tersebut untuk bertanding dalam pemilukada kali ini. Perasaan takut kalau-kalau terjerat masalah hukum pun sepertinya tidak ada dalam kamus mereka. Alih-alih takut, yang ada malah semangat membara mengumpulkan massa untuk mendukung mereka agar bisa menang, meski dengan berbagai cara sekalipun.  Buktinya, yang bertanding sampai 7 pasangan bakal calon. Itupun, ada beberapa nama yang tidak begitu kukenal, atau mungkin, aku saja yang tidak terlalu menggali informasi yang berkenaan dengan hal-hal semacam itu. Entahlah.

Apapun itu, semoga mereka yang terpilih nantinya sebagai Walikota dan Wakil Walikota dapat menyelesaikan segenap persoalan yang dihadapi oleh Kota Samarinda. Jangan sampai mereka menghampakan harapan warga yang begitu tinggi. Jangan juga mereka melupakan janji-janji yang mereka koar-koarkan saat kampanye dulu tentang perubahan kearah yang lebih baik.  Warga pastinya ingin bukti nyata di lapangan dan tidak ingin lagi menjadi obyek yang hanya dibutuhkan pada saat-saat tertentu, tetapi segera dilupakan setelah tujuan itu tercapai.

Update :
Dan akhirnya pemenang Pemilukada kali ini jatuh kepada Calon Incumbent, yaitu pasangan Syaharie Jaang yang sebelumnya menjabat Wakil Walikota Samarinda bersama pasangannya Nusyirwan Ismail.

20 komentar:

  1. semoga lancar saja kawand acara pilkadanya.
    semoga kejujuran selalu yang diutamakan

    BalasHapus
  2. moga yg kepilih nanti adalah yg terbaik utk rakyat :)

    BalasHapus
  3. pemilu lagi pemilu lagi, aduh pusing.

    BalasHapus
  4. aku harap yang terpilih adalah yang terbaik kawand

    BalasHapus
  5. nampaknya issue kesenjangan sosial, ekonomi kerakyatan dan pencemaran lingkungan merupakan hal yg sangat diperhatikan ya mas...moga2 yg terbaik yang terpilih...

    BalasHapus
  6. mudah2an yang terpilih bisa benar2 menjadikan suara masyarakat yg milih sebagai amanah, amin

    BalasHapus
  7. yang diharapkan adalah pemulia berjalan tertib dan jujur...

    BalasHapus
  8. Semoga tercipta pemilu damai dan bisa menghasilkan pemimpin yang jujur dan amanah...

    BalasHapus
  9. Moga yg menang dalam pilkada bisa jd pemimpin yg adil,jujur,dan baik buat rakyat

    BalasHapus
  10. semoga aLasan kepada ketaatan kepada hukum bukan atas dasar dari ketakutan, tetapi karena memang sebuah pemikiran yang patut untuk meLaksanakan kebijakan2 yang sesuai koridor sebagai pemimpin yang bertanggung jawab akan jabatan yang di embannya.

    insya Allah, untuk masa2 ke depan pemimpin2 daerah, pusat, dan negara ini dapat memiLiki jiwa nasionaLis yang Lebih baik Lagi. merupakan sebuah cerminan dari sikap pemimpin yang patut di contoh oLeh masyarakatnya.

    di samping itu, semoga peLaksanaan pemiLukada ini dapat berjaLan dengan baik sesuai dengan apa yang direncanakan dan kota samarinda mendapatkan pemimpin daerah yang sesuai dengan harapan masyarakat.

    BalasHapus
  11. aku harap gak asal ngasih janji tapi segera dilaksanakan pada realisasi kepemimpinannya kelak... siapapun yg menanglah pokoknya hhe.... Semangat n happy blogging.. berarti skarang udah ada yg menang donk SOb>??

    BalasHapus
  12. siapapun yang terpilih semoga dialah yang terbaik

    BalasHapus
  13. semoga yang benar2 yang terpilih
    hehehehehe
    semangat...

    BalasHapus
  14. pesta demokrasi daerah yang berlangsung meriah, semoga menghasilkan pemimpin yang amanah...

    BalasHapus
  15. semoga hasilnya mantab tuk semuanya y bang
    salam persahabtaan bloger

    BalasHapus
  16. SUKSES ya buat pilkada nya....
    SALAM BERKAWAND

    BalasHapus