Sabtu, 13 November 2010

CPNS, Cerita Dimasa Lalu

Bulan-bulan ini sepertinya marak dengan pemberitaan mengenai Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil. Tentu, informasi semacam ini menjadi hal yang amat dicari-cari oleh mereka yang masih menganggur. Bahkan mereka yang telah bekerja di perusahaan swasta pun, masih tetap mempunyai keinginan yang kuat mengadu peruntungan pada bidang ini. Mencermati hal tersebut, aku jadi ingat pengalamanku sekitar 4 tahun yang lalu saat masih bergelut untuk menyudahi status penggangguran dengan mencoba ikut dalam tes CPNS tersebut. Dan inilah ceritanya…

Pekerjaanku yang sekarang ini adalah “Civil Servant” atau dalam Bahasa Indonesianya adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS). Sebagai seorang PNS aku ditempatkan pada bagian yang lebih banyak mengurusi masalah pengadministrasian pegawai. Memang, sejak hari pertama masuk kerja sebagai CPNS, aku langsung ditempatkan pada bagian ini. Aku tidak tahu mengapa ditempatkan pada bagian ini. Mungkin saja, pimpinan menilai aku lebih cocok ditempatkan pada bagian ini ketimbang di lapangan.

Sudah hampir sekitar 4 tahun aku menyandang status PNS. Waktu yang belum ada apa-apanya bagi seorang pemula seperti diriku. Aku perlu jam terbang lebih untuk benar-benar menguasai pekerjaanku yang sekarang ini. Terutama yang berhubungan dengan yang namanya peraturan dan perundangan kepegawaian. Kadang aku sering bingung sendiri menghadapi permasalahan seputar kepegawaian. Ini mungkin karena aku belum sepenuhnya memahami dan mengerti tentang peraturan kepegawaian yang berlaku. Ditambah lagi sering berubahnya peraturan tersebut sebagai penyempurnaan peraturan sebelumnya. Otomatis, aku harus rajin mencari referensi sana sini seputar hal itu.

Kartu tanda ujian yang masih kusimpan

Tidak terbayang sebelumnya bahwa aku akan bekerja sebagai PNS. Rasanya mustahil saja karena jumlah pelamar yang ikut tes pada waktu itu cukup banyak, sementara formasi yang diperebutkan tersebut hanya memerlukan 1 orang saja. Ditambah lagi adanya persepsi di masyarakat yang bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa untuk menjadi seorang PNS haruslah melalui jalur belakang dengan memberi uang pelicin kepada oknum tertentu ataupun paling tidak memiliki kekerabatan dengan pejabat penting. Persepsi-persepsi semacam itu sebenarnya melemahkan dan membuatku semakin pesimis saja. Tapi, aku menguatkan diri untuk tetap mencoba peruntungan. Tidak ada salahnya mengikuti tes ini. Setidaknya aku telah mencoba.

Proses untuk mengikuti tes CPNS tersebut penuh dengan jalur berliku yang harus kulalui. Ketika semua orang berkendaraan motor menuju lokasi pencariaan informasi CPNS, aku harus berjalan kaki di terik matahari menyusuri jalanan berbukit yang membuatku kelelahan. Belum lagi mengurus surat ini dan itu selama pendaftaran dimana dana yang kupunyai terbatas sementara orang-orang disekitarku itu yang juga turut mendaftar sepertinya berasal dari keluarga yang berada dimana uang bukanlah menjadi kendala. Mereka pun bergerombol bersama kelompok mereka membahas persiapan yang harus dilakukan untuk menghadapi tes. Sedangkan aku hanya sendirian saja terpaku sambil memegangi surat lamaran. Dan hal-hal lainnya yang rasanya membuatku sepertinya kalah sebelum bertanding karena kondisi dan keadaan ini.

Nasib seseorang memang tidak bisa ditebak dan hanya menjadi rahasia Tuhan. Begitupun dengan aku. Tak disangka, aku ternyata lulus dalam tes penerimaan CPNS tersebut tanpa harus melalui apa yang dipersepsikan masyarakat selama ini. Hanya kesyukuran yang bisa kupanjatkan kepada Allah SWT atas karunianya ini.

Selama hampir 4 tahun menjalani pekerjaan sebagai PNS, banyak suka dan duka yang aku hadapi. Sukanya adalah apabila pekerjaan yang dibebankan kepadaku dapat kuselesaikan dengan baik serta tepat waktu. Itu akan menjadi kepuasaan tersendiri yang tak dapat diukur dengan apapun. Dukanya apabila pekerjaan yang telah dikerjakan semaksimal mungkin tersebut mendapatkan tanggapan yang sebaliknya. Namun aku menyadari setiap pekerjaan pasti memiliki resiko. Aku harus menerima itu dan berusaha kedepannya untuk terus meningkatkan kemampuan dan pengetahuan.

Terkadang, ada juga timbul perasaan jenuh dengan profesi ini. Namun setiap kali perasaan itu muncul, aku berusaha untuk menepisnya dan mencoba mengingat kembali bagaimana perjuanganku untuk bisa sampai pada keadaan sekarang ini. Selalu kucamkan dalam pikiranku bahwa tidak mudah untuk mendapatkan pekerjaan pada jaman sekarang ini. Masih banyak diluar sana, orang-orang menganggur, termasuk mereka-mereka yang telah mengeyam pendidikan di perguruan tinggi. Bayangkan jika itu menimpaku, pasti sulit untuk melaluinya. Jadi, lebih baik banyak-banyak bersyukur saja dengan karunia yang diterima selama ini.

32 komentar:

  1. selamat ya dah memperoleh sesuatu dengan hasil jerih payah sendiri :) itu menurutku anugerah yang tak ternilai :)

    BalasHapus
  2. Sip mas...menjadi PNS seperti yg Mas dapat sekarang merupakan anugerah yg luar biasa, apalagi dg melihat perjuangan awalnya. Semoga kesadaran ini akan makin menguatkan bathin mas...untuk menjadi abdi masyarakat yg baik...dan terpuji....

    BalasHapus
  3. menjadi PNS memang harapan setiap pelamar kerja...termasuk sayapun mengalami hal yang sama sewaktu sibuk mendaftarkan diri sebagai CPNS.

    BalasHapus
  4. ya itulah anugerah Tuhan makanya bisa diteriama

    BalasHapus
  5. aku berkali-kali tes cpns selalu gagal kenapa ya.
    sampai nomor ujian saja aku laminating segala biar jadi kenangan

    BalasHapus
  6. Banyak yang bercita-cita menjadi PNS, karena tertarik gajinya yang besar,
    karena PNS saat ini lagi jaya.
    Bali Villas Bali Villa

    BalasHapus
  7. sukses selalu buat gaweannya bro :)

    BalasHapus
  8. always successful my friens....
    kunjungan perdanan ne..
    salam kenal ya...
    :D

    BalasHapus
  9. Pernah kepikiran untuk jadi PNS sob.. tapi setelah aku pikir2 kayanya kerjaan ng'gambarku udah cukup enak jadi aku urungkan lagi hhe.. wah hebat nie sobat.... sukses slalu deh untuk kerjaannya ...

    BalasHapus
  10. Aku juga PNS, kok. Dan sepertinya bidang tugas kita (hampir) sama nih. Di bidang apa mas..?

    BalasHapus
  11. Nikmati saja pekerjaan yang ada... karena itu wujud rasa syukur kita atas apa yang telah diberikanNYA pada kita. Aku rasa... mengurus administrasi kepegawaian seru juga lho.. ^_^

    BalasHapus
  12. sepakat, nikmatilah pekerjaan anda apapun itu, selama perkerjaan itu baik.toh pekerjaan yang lebih baik tak menjamin kebahagiaan yang lebih juga kan?!..
    salam hangat.www.bangngangan.com

    BalasHapus
  13. Logikanya PNS tu orang2 kreatif, pinter trus pokoknya yg terbaik misalnya yang dicari adalah 5 orang sedangkan yang nyari 500 orang nah harusnya yg dapet itu yang terbaik dan terpintar tapi kenapa Negara ini masih gini2 aja padahal uda di urus sama orang2 terbaik

    BalasHapus
  14. he he,untung saya juga sudah diterima dua tahun yang lalu....

    BalasHapus
  15. bulan ini ada penerimaan di tempatku.... sayangnya gak bisa ikutan.

    BalasHapus
  16. ga ada yang ga enak dari PNS. ghehehe.

    BalasHapus
  17. pegawai negri adalah amanah, gaji saudara dari uang pajak, semoga anda dapat menjalankan dengan sebaik-baiknya.

    BalasHapus
  18. aku juga PNS bro, lulus murni 4 tahun yang lalu, smua berkat anugrah Tuhan ;D

    salam persahabatan.

    BalasHapus
  19. aku juga PNS lho...
    tapi baru setahun...hehehe

    BalasHapus
  20. banyak orang tertarik untuk bisa berada di sana, sehingga seoLah seperti barang antik yang banyak di cari. maka tidak jarang harganya menjadi seLangit.
    tetpi di baLik itu ada haL penting yang harus di emban, yakni amanah daLam menjaLankan aktifitasnya.

    BalasHapus
  21. semoga yg belum jadi pns tahun ini dapat keterima..amiiiin

    BalasHapus
  22. Sekarang lagi musim lagi nih penerimaan CPNS.. selamat ya buiat yg pada daftar..

    BalasHapus
  23. pandai-pandai bersukur hehehe...
    ko aku jadi menasehati :-P
    tapi bener lho banayak orang yang pengen jadi PNS sampe korban ini itu

    BalasHapus
  24. selamat hari raya idul adha

    BalasHapus
  25. doakan aku bisa masuk PNS juga ya, brader.:)

    BalasHapus
  26. Wah, baru tau nih mas Ifan ternyata seorang PNS muda,, asyik nya bisa jadi PNS, bertarung mengalahkan ribuan pelamar kerja untuk 1 orang yg di terima,, :D

    salam sukses mas,,

    BalasHapus
  27. msih pelajar :D
    jdi lum tau seluk belu PNS :p

    BalasHapus
  28. ayo siap-siap ditempatkan dimana saja

    BalasHapus
  29. pingin juga jadi PNS. setidaknya hari tua sudah terjamin (bener gak ya???)

    BalasHapus
  30. Terus berjuang untuk mendaptkan yang terbaik dalam hidupmu

    BalasHapus
  31. Sore Sob.. aku datang tuk menyapa.... wah lagi sibuk nie kayanya hhe... Sukses slalu Sob

    Met akhir pekan :P

    BalasHapus
  32. salam dari sesama pns, mampir mas ke blog saya :)

    BalasHapus