Minggu, 26 Desember 2010

Sebuah Awal Menuju Perubahan


Di usiaku yang sudah kesekian puluh tahun ini, ternyata aku belum banyak berbuat apa-apa.Waktu rasanya terbuang percuma tanpa aku mampu melakukan sesuatu yang berarti dalam hidup ini. Kesia-siaan mungkin kata yang tepat untuk menggambarkan kelalaianku terhadap waktu tersebut.

Aku berharap disisa umurku ini, aku dapat melakukan perubahan hidup yang dapat membawa kearah perbaikan. Perbaikan yang dapat menuntunku untuk mulai berbenah diri bahwa hidup tidak hanya sekedar di dunia saja. Ada suatu fase dimana kita mau tidak mau dan suka tidak suka harus memasuki kehidupan akhirat. Disitulah kehidupan kekal dan abadi sesungguhnya dimulai. Apakah kita akan berada dalam surga-Nya atau malah neraka-Nya, itu semua tergantung dengan amal ibadah yang kita kerjakan selama menjalani hidup di dunia.

Kalau mengingat itu, ada rasa ketakutan jikalau amal ibadahku selama ini ternyata tidaklah cukup kuat untuk mengantarkanku menjadi salah seorang yang masuk ke surga-Nya. Sebagai manusia biasa yang sering ditaklukan oleh nafsu, tentu wajar jika dihantui perasaan semacam itu. Apalagi setiap hari ada saja kealfaan yang aku lakukan. Terus berulang hingga sulit untuk menghitung berapa sudah jumlahnya.

Meski begitu, aku juga terus mencoba mengurangi sejumlah kealfaan yang aku buat selama ini. Tidak mudah memang. Selalu saja ada godaan dari kanan kiri yang  menggiurkan diriku untuk kembali mengulangi kesalahan yang sama. Untuk itu diperlukan tekad yang kuat untuk memeranginya. Paling tidak harus ada suatu awal atau momen untuk memulainya. Mungkin terkesan terlambat. Tapi menurutku itu lebih baik daripada tidak sama sekali. Dan momen yang tepat untuk memulainya mungkin adalah pada hari ini, yaitu hari yang bersejarah dalam kehidupanku, dimana beberapa puluh tahun yang lalu, Tuhan telah meniupkan ruh-Nya ke ragaku. Dari situlah aku ingin memulai sesuatu yang baik tersebut. Mencoba kembali menemukan jalan hidup yang penuh dengan pencerahan supaya ada peningkatan kualitas diri baik secara ruhani dan ragawi. Dan Insyaallah aku akan berusaha untuk itu.

Gambar sebagai ilustrasi dicomot dari sini 

10 komentar:

  1. Wah, tulisan ini tidak hanya mengingatkan mas Ifan saja, tapi saja juga merasa..

    Hari ini usianya sudah genap ya mas,
    kalau boleh tahu, mas Ifan udah merit belum??
    Cepat-cepatlah,,, ^__^

    BalasHapus
  2. Ohya, Happy Birthday ya mas Ifan,, ^__^

    BalasHapus
  3. setiap saat adalah waktu untuk memulai. mari menjadi lebih baik sobat.

    BalasHapus
  4. happy birthday bro
    semoga menjadi yang terbaik

    maaf baru bisa bw sekarang neh

    BalasHapus
  5. ENGLISH TUTORS URGENTLY NEEDED!!!

    A Fast Growing National English Language Consultant is hunting for :

    => ENGLISH TUTORS <=

    Qualifications:

    1. Competent, experienced, or fresh graduate
    2. Proficient in English both spoken & written
    3. Friendly, Communicative, & Creative

    Placement :
    => Batam - Balikpapan – Samarinda - Makassar – Pekanbaru - Medan

    Send you resume to : easyspeak.hunting@gmail.com as soon as possible.

    Visit http://www.easyspeak.co.id for further information.

    BalasHapus
  6. berkunjung dengan senyuman,,,,,,,
    semoga saja ini awal yang baik.....

    BalasHapus
  7. semoga keindahan demi keindahan dalam beribadah dan beramal dapat semakin terwujud di hari2 yg kita miliki...

    selamat tahun baru ya mas..sukses bagi kita semua..:)

    BalasHapus
  8. yupz..... ini ngingetin aku juga... :)
    happy birtday ya...

    walaupun telaaaaaat banget.. hehe,,

    BalasHapus
  9. wah, telat nih. met ultah aja deh biarpun dahtelat. hehee

    BalasHapus
  10. Selamat ulang tahun ... semoga sukses selalu..salam kenal

    BalasHapus