Kamis, 27 Januari 2011

Konsisten Menjaga Tekad

Ternyata tidak mudah untuk mencapai apa yang sudah ditekadkan. Awalnya saja yang bersemangat dan berusaha keras untuk mewujudkan tekad tersebut. Tetapi baru beberapa hari sudah mulai terlihat kegagalan. Kegagalan itu berupa pengingkaran janji yang telah aku buat. Aku tidak tahu kenapa hal ini mudah sekali terjadi pada diriku. Aku cepat sekali tergoda kepada kebiasaan lama yang sesungguhnya merugikan bukan hanya untuk hari ini tapi juga aku yakin merugikan untuk kedepannya.

Memang benar, seperti yang pernah aku baca pada salah satu artikel tentang motivasi bahwa manusia lebih senang berada pada zona aman dan enggan beranjak pada sesuatu yang penuh dengan kesukaran. Padahal kesukaran itu sendiri adalah awal untuk menuju pada kesuksesan. Namun, awal untuk melangkah dari kesukaran itu yang tampaknya berat. Kita sudah terbiasa berada pada zona aman dan untuk meninggalkannya tersebut diperlukan kekuatan yang menguras energi kita.

Okelah akhirnya langkah awal itu berhasil kita laksanakan. Namun tantangan berikutnya  ternyata tidak kalah hebatnya. Ya, tantangan itu adalah menjaga kekonsistenan dari apa yang telah dilakukan. Nah, disinilah kita sering terpeleset. Banyak godaan dari kanan kiri yang akhirnya meruntuhkan kekonsistenan yang telah dibangun rapi. Apalagi jika lingkungan disekitar kita itu juga mendukung untuk menghancurkan kekonsistenan tersebut.Wah, lebih mudah lagi untuk kembali ke zona aman lalu tidak berbuat apa-apa.

Hal itulah yang sering menimpaku. Aku juga bingung kenapa aku sering gagal menjaga kekonsistenan tersebut. Padahal aku telah membuat langkah-langkah jitu supaya kekonsistenan selalu terjaga. Tapi ya itu tadi, godaan dari kanan kiri ternyata lebih kuat dan akhirnya aku kembali menghancurkannya. Rasanya lelah dan hanya bisa menyesali diri kenapa semua itu bisa terjadi. Tekad yang telah dicanangkan hanya tinggal tekad. Mewujudkannya serasa mengangkat batu gunung berukuran besar yang beratnya tiada terkira.

Pada akhirnya aku harus mengulang dari awal lagi dan lagi. Bosan karena sering kulanggar. Tapi mau bagaimana? Harus kembali aku lakukan karena memang hal itu yang harus dicapai. Mungkin ada baiknya aku mencoba membuat taruhan kecil untuk memotivasi diri sendiri. Tapi apa ya taruhannya?

25 komentar:

  1. mesti memantapkan tekad. pelan2 aja ntar juga bisa

    BalasHapus
  2. Memang tak mudah menjaga tekad dan motivasi kita... itu sebabnya kita butuh terus menerus mendapat suntikan semangat.

    BalasHapus
  3. Semoga bisa pengalaman masa lalu bisa menjadi bekal utk lebih semangat di masa yg akan datang. Semoga setelah hari ini bisa lebih konsisten dalam menjalani segala sesuatunya.

    BalasHapus
  4. konsistensi dalam menuju cita-cita, pantang mundur sebelum tercapai

    BalasHapus
  5. haha itu gambarnya kayak roda buat hamster

    BalasHapus
  6. terus terang saya orang yang lebih senang di zone aman. meski merasa bodoh, kenapa harus begitu.

    BalasHapus
  7. zona aman,, ya setidaknya mengamankan penghasilan kita,, kalo ambil resiko takutnya malah ga punya penghasilan.. itu pilihan yg sulit

    BalasHapus
  8. Aku pikir bukan cuma mas Ifan saja yang mengalaminya, hampir setiap orang dan juga aku sendiri tentunya.. :D

    Begitulah jalan kesuksesan, harus melalui tahap tahap yang sulit, termasuk menjaga kekonsistenan itu. kalo mau yang instan ke laut aja lah,, :D

    BalasHapus
  9. keep konsisten..gan ikutan semangat deh oh..yah salam kenal dari sansun

    BalasHapus
  10. KLo aku selalu berusaha di Zona aman tapi herannya akhirnya malah selalu ada di zona darurat Sob hha.... makanya aku lebih suka jalanini dari pada janjiin sesuatu untuk diri sendiri.... :P

    Semangat n Sukses slalu Sob.. :P

    BalasHapus
  11. kata orang jawa
    alon2 asal klakon...mantab kan hati...bulat kan tekad...semangat

    BalasHapus
  12. malam maz..
    ya ndak apa maz diulangi lagi mulai dari awal dengan penuh kesabaran tentunya.
    nanti pasti dapat hikmahnya

    BalasHapus
  13. tetapakn koridor dan teappada koridor. .. :)

    BalasHapus
  14. setiap usaha pasti ada aralnya
    yg menggoda kita utk berhenti
    semangat dan fokus pikiran diperlukan
    jangan menyerah jika usaha itu baik

    BalasHapus
  15. pelan tapi pasti, godaan datang untuk menguji.

    BalasHapus
  16. jangan berhenti di tengah donk sob...tuntaskan apa yg ingin km selesaikan.
    SEMANGAAAAT!!!

    BalasHapus
  17. itulah hidup sob...
    intinya sampai dimana rasa kesabaran kita diuji.
    so, maju terus pantang mundur...!

    BalasHapus
  18. Konsisten memang sesuatu yang harus di perjuangkan...Semangat semangat..bangkit bangkitlah.
    Semoga anda sukses..

    BalasHapus
  19. hidup konsisten...........yuk
    salam persahabatan

    BalasHapus
  20. Lama neh saya gak bersinggah disini..
    kangen ama kawand-kawand blogger..
    gmn pny kbar??

    SALAM BERKAWAND
    :)

    BalasHapus
  21. Shasa juga harus konsisten agar blog baru Shasa bisa terus diperbarui...

    BalasHapus
  22. All : Oke, aku akan berusaha untuk selalu semangat menjaga konsistensi ini. Terima kasih ya untuk semua masukannya. Ini sungguh bermanfaat buat aku

    BalasHapus
  23. haihaihaihai.... kemana tekadku berlariiii???? T____T

    BalasHapus