Sabtu, 01 Januari 2011

Mengejar Impian

Tidak terasa tahun 2010 telah berlalu dan digantikan dengan tahun 2011. Seperti tidak percaya saja. Perasaan baru kemarin tahun 2010 dilalui, eh, tahu-tahu ternyata kita telah berada di tahun 2011 ini. Waktu datang dan pergi silih berganti. Tanpa disadari, ia begitu cepat membawa kita pada suatu perubahan. Dan pada hari ini, Sabtu, merupakan hari pertama di tahun 2011. Semangat untuk meraih impian ataupun melakukan perubahan yang positif pastilah membara. Tentu semangat membara tersebut harus diimplementasikan secara nyata dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa tindakan nyata, semangat yang ada hanyalah tinggal semangat yang cuma tersimpan didalam dada atau hanya tertulis di selembar kertas saja.

Begitupun dengan diriku yang menginginkan di tahun 2011 ini bisa mewujudkan berbagai impian. Tentu saja impian yang ingin kucapai adalah impian yang sifatnya masih realistis. Artinya, mencapai impian tersebut harus disesuaikan dengan kemampuan dan keterampilan yang aku miliki. Jangan sampai menetapkan impian yang terlalu tinggi yang rasanya sulit untuk dipenuhi. Ujung-ujungnya itu akan menjadi bumerang bagi diriku sendiri.

Impian yang ingin kucapai tersebut terdiri dari impian lama yang belum terwujud di tahun 2010 lalu ditambah impian-impian baru di tahun 2011 ini. Tentu saja perlu kerja keras untuk mewujudkannya. Salah satunya adalah dengan membuat perencanaan. Perencanaan tersebut harus kususun secara bertahap dengan memaparkan secara detail langkah-langkah yang harus ditempuh disertai tempoh waktu penyelesaiannya. Dan kurasa, akan lebih mudah jika perencanaan tersebut kubuat dalam bentuk matriks agar lebih tergambar jelas.

Bagi sebagian orang, mengejar impian yang diidamkan mungkin terdengar berlebihan. Tetapi bukankah dengan terus memiliki impian maka hidup kita akan menjadi lebih berwarna. Memiliki impian juga akan membuat diri kita terus bersemangat mengarungi hidup yang penuh dengan tantangan. Jadi, tidak ada salahnya jika kita memiliki impian. Perkara berhasil atau tidaknya meraih impian tersebut, itu adalah urusan belakangan. Paling tidak kita telah berusaha dan minimal mendapatkan pengalaman berharga mengenainya.

Namun, sebelum impian itu benar-benar mulai dikejar, ada hal lain yang ingin aku coba ulas mengenai kesedihan dan kebahagian yang aku alami selama tahun 2010 tadi.  Dan inilah daftarnya :

DAFTAR KESEDIHAN :
  1. Frekuensi melakukan kesalahan yang berulang ternyata makin bertambah dan sulit untuk dihentikan. Tekad untuk mencoba menguranginya di tahun 2010 ini gagal total. Godaan dari kanan kiri ternyata lebih hebat dari apa yang kubayangkan sebelumnya.
  2. Di akhir April, mendapatkan sindiran keras pada acara perpisahan pegawai yang telah pensiun gara-gara salah satu diantara pegawai tersebut SK-nya belum keluar. Memang sebenarnya sindirin itu tidak secara langsung ditujukan kepadaku, tapi berhubung aku yang menanganinya, jadi aku seolah-olah menjadi pihak yang harus bertanggung jawab atas ketidakberesan itu.
  3. Mendapatkan tekanan-tekanan dari luar tentang sesuatu yang berhubungan dengan masa depan. Tekanan dari luar itu begitu hebat sehingga menjadikan diriku sosok yang mudah tenggelam dalam kesedihan.
  4. Syok dengan nilai-nilai kuliah yang diperolehi. Di satu sisi merasa senang karena tanpa diduga berhasil mendapatkan nilai yang memuaskan yang tidak pernah didapat sebelumnya. Tapi juga benar-benar merasa kecewa karena harus mengulang 3 mata kuliah yang dinyatakan tidak lulus.
  5. Pada akhir Desember ini mendapatkan perlakuan yang tidak menyenangkan. Pertama, ditelpon dengan nada yang sinis oleh pegawai dari Kab. Kukar gara-gara usulan untuk mendapatkan penghargaan masa kerjanya ternyata tidak berhasil. Kedua, dilabrak pegawai disatu kantor karena ia merasa sampai saat ini tidak juga diusulkan mendapatkan penghargaan sementara pegawai-pegawai yang lain yang masa kerjanya dibawahnya, malah mendapatkan penghargaan tersebut. Halo bapak, harusnya bapak nyadar kenapa kok sampai saat ini belum juga diusulkan. Apa perlu saya umumkan dengan toa tentang penyebab bapak tsb tidak diusulkan.
DAFTAR KEBAHAGIAN :
  1. Pada tanggal 22 Pebruari 2010 berhasil mewujudkan keinginan membeli laptop. Kemudian melengkapinya dengan membeli modem CDMA merek Skyspeed dan modem GSM merek Prolink untuk menunjang aktifitas internetan. Dan untuk pertama kalinyalah aku bisa merasakan berinternetan di rumah dimana sebelumnya hanya bisa dilakukan di warnet atau kantor.
  2. Pada bulan April, aku berhasil untuk mulai menghasilkan tulisan di 2 blog yang berbeda. Satu di CORETAN HIDUP, dan satu lagi di DUNIAKU DISINI. Sejak itulah, aku coba menjadikan blog sebagai media untuk mencatat perjalanan hidupku.
  3. Blog DUNIAKU DISINI berhasil mendapatkan hadiah berupa buku dan baju kaos hasil dari mengikuti beberapa kontes yang diadakan oleh beberapa narablog.
  4. Berkesempatan mengunjungi 3 Kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur, yaitu pada bulan Mei mengunjungi Kabupaten Paser, lalu pada akhir bulan Juli mengunjungi Kabupaten Nunukan dan Malinau.  Melihat daerah yang sebelumnya cuma bisa tahu di koran rasanya begitu menyenangkan. Banyak hal-hal unik yang aku dapatkan dari mengunjungi 3 Kabupaten tersebut.
  5. Mendapatkan kesempatan untuk membacakan SK pejabat yang dilantik di instansi tempat aku bekerja pada akhir Juli. Mungkin bagi orang lain, itu adalah hal yang biasa. Tapi bagi diriku, itu adalah sesuatu yang luar biasa. Sebagai pribadi yang pemalu tentu itu merupakan lompatan yang sangat besar. Selama ini, aku cuma bisa memendam keinginan untuk bisa menampilkan sesuatu di depan umum, khususnya membaca SK. Akhirnya kesempatan itu datang juga dan aku tidak menyia-nyiakannya. Kata teman-temanku hasilnya positif. Entahlah, apakah itu hanya untuk menyenangkan aku saja. Namun yang pasti aku telah berusaha yang terbaik untuk mewujudkan keinginan yang lama terpendam. 
Diriku ketika membacakan sk
Nah,  itulah daftar kesedihan dan kebahagian yang telah mewarnai kehidupanku sepanjang tahun 2010 kemarin. Semuanya itu akan kujadikan sebuah pembelajaran agar pada tahun 2011 nanti aku bisa semakin baik lagi dan mampu mengejar impian untuk kuwujudkan menjadi sebuah kenyataan. Semangat Ifan.

20 komentar:

  1. Wah, disana sudah tahun 2011 ya mas?
    disini 1 jam lagi baru menyusul,, :D

    Memang waktu ini begitu cepat berlalu, kalau kita tak pandai mempergunakannya, maka waktu itu akan hilang begitu saja..

    Semangat Mas!!

    BalasHapus
  2. yup tetap semangat. btw, panggilanmu juga Fan ya. wah...sodara dong kite. hehee..met tahun baru ya

    BalasHapus
  3. Hemmm... jadi di bidang Mutasi ya..?
    Emangnya kenapa SK Pensiun belum jadi, masih nyangkut di BKN reg atau di Setneg ?
    Nah, utk yg tidak diusulkan mendapatkan penghargaan itu, pasti kena hukuman disiplin deh.

    BalasHapus
  4. Bagus nih... membuat daftar kebahagiaan/kesedihan di tahun 2010.
    Semoga bisa menjadi cermin bagi kehidupan selanjutnya di masa yang akan datang.

    Selamat Tahun Baru 2011 ya... Good luck.

    BalasHapus
  5. tahun telah berganti. semoga ditahun ini daftar kesedihannya berkurang, n daftar kebahagiaanya bertambah.. :)

    BalasHapus
  6. selamat tahun baru bro, semoga semakin sukses di tahun 2011

    BalasHapus
  7. selamat tahun baru 2011, semoga sukses okey

    BalasHapus
  8. met taon baru, apapun yg telah kita lewati pasti punya hikmah tersendiri :)

    BalasHapus
  9. Selamat tahun baru semoga tambah sukses selalu

    BalasHapus
  10. Menyimak apa yang telah dicapai, tampaknya peluangnya akan menjadi lebih baik lagi berkat komitment kerja yang penuh disiplin dari Mas Ifan.
    Sukses terus ya Mas. Selamat tahun baru 2011.
    SALAM dari kota Kendari.

    BalasHapus
  11. Selamat menjalani hari baru di tahun baru.
    SEmoga segala angan cita dan mimpinya segera tercapai. Salam sukses selalu.

    BalasHapus
  12. kunjungan balasan sodaraku...
    semua kayaknya sudah sampean planning untuk tahun 2011 ini sob ya..

    semoga semuanya akan berjalan lancar kawand.
    Happy new year ya...

    BalasHapus
  13. dengan ihtiar n do'a semoga segala impian terkabul sesuai rencana. Amin...

    Sukses sll, salam kenal kunjungan perdana dari Lamongan. Tq..

    BalasHapus
  14. Subhanallah, sangat detail. Barusan sayapun menumpahkannya. Ah, sangat bertenaga ketika kita menggoreskan pena atau mencurahkannya diatas timbol2. :)

    Salam sejuk dan sukses ya :)

    BalasHapus
  15. jadi termotivasi jadinya ni he he he

    BalasHapus
  16. bsrsyukur.....
    akan mengurangi daftar kesedihan tersebut
    ayo semangaaaat

    BalasHapus
  17. mampir lagi ni..eehhh belum update..ditunggu updatenya yo mas...semangat..

    BalasHapus
  18. Happy New Year 2011 smg suksess selalu bro.....!!

    BalasHapus