Minggu, 16 Januari 2011

Tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP)

Kembali lagi diberi kesempatan untuk mendapatkan pengetahuan baru mengenai penyelenggaraan sistem pemerintahan yang transparan dan akuntabel. Kali ini fokusnya membahas tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah. Sistem Pengendalian Intern Pemerintah atau disingkat dengan SPIP merupakan suatu sistem pengendalian intern yang diselenggarakan secara menyeluruh di lingkungan pemerintah pusat dan pemerintah daerah, di mana sistem pengendalian intern merupakan suatu proses yang integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus-menerus oleh pimpinan dan seluruh jajaran pegawai untuk memberikan keyakinan yang memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, serta ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.

Kegiatan SPIP ini berlangsung pada Senin, 27 Desember 2010 dengan narasumber dari BPKP Samarinda. Meski hanya berlangsung selama 4 jam, paling tidak sosialisasi ini bisa memberikan gambaran umum kepada para peserta di lingkungan instansi tempat aku bekerja tentang pentingnya penerapan SPIP. Tentu agar berjalan sesuai dengan yang diharapkan, setiap elemen yang terlibat, baik itu pejabat atau bawahan sekalipun harus memiliki komitmen yang kuat untuk menerapkan SPIP dalam setiap aspek kegiatan atau pekerjaan secara menyeluruh dan tidak setengah-setengah.

Adapun yang menjadi dasar dari pelaksanaan SPIP adalah Peraturan Pemerintah No. 60 Tahun 2008 yang ditetapkan tanggal 28 Agustus 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP). SPIP sendiri sebenarnya merupakan turunan Undang-Undang No. 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara, di mana dalam Undang-undang tersebut mengisyaratkan perlunya SPIP yang akan diatur lebih lanjut dalam suatu Peraturan Pemerintah.

Secara konseptual SPIP mengadopsi konsep sistem pengendalian intern yang dikembangkan oleh The Committee of Sponsoring Organizations of the Treadway Commissions (COSO). Dalam konsep COSO, sistem pengendalian intern terdiri dari lima unsur utama, yaitu: 1) lingkungan pengendalian; 2) penilaian risiko; 3) aktivitas Pengendalian; 4) informasi dan komunikasi; 5) pemantauan.

Oke, Untuk lebih jelasnya mengenai hal ini bisa membaca Peraturan Pemerintah No. 60 Tahun 2008. Semoga bermanfaat.

17 komentar:

  1. wah ini khusus tuk pns ya bro :)

    BalasHapus
  2. semoga...dengan adanya pelatihan tersebut..para pejabat bisa terkendali...dan..remnya pakem...

    BalasHapus
  3. salam persahabatan
    berkunjung ikutamn baca-baca artikelnya yang menarik
    terima kasih

    BalasHapus
  4. makasih infonya lumayan buat nambah ilmu :)

    BalasHapus
  5. Wah aku belum tahu banget nih tentang SPIP. Harus segera cari info selengkapnya.

    BalasHapus
  6. rasanya penting buat yang pegawai negri, buat yang swasta ada caranya sendiri. semoga aturan bisa berjalan sesuai harapan.

    BalasHapus
  7. Semoga dengan adanya SPIP kinerja para abdi masyarakat dapat semakin baik.

    BalasHapus
  8. Aduh, aku belum paham apa itu SPIP...

    BalasHapus
  9. balasan
    aku harap pegawai pemerintah makin jadi teladan saja kang jangan sebaliknya

    BalasHapus
  10. para pesimistik pasti akan berkata, peraturan sehebat apapun kalo tidak ada political will untuk melaksanakannya maka percuma saja. sebagaimana yang terjadi pada pemerintah pusat. penyelenggaraan pemerintahan daerah jauh lebih parah akuntabilitasnya.. meskipun ada segelintir daerah aberprestasi yang paptut dijadikan contoh, namun jumlahnya terlalu sedikit..

    tapi kita tidak boleh pesimistik, bukan? :D

    posting yang snagat bermanfaat mas ifan.
    trims for sharing :D

    cheers

    BalasHapus
  11. semoga pegawai pemerintah semakin baik ya dengan adanya pengendalian sistem ini.
    salam sukses selalu. dan salam persahabatan.
    Bali Villas Bali Villa

    BalasHapus
  12. blog anda yang lain apa ya mas?

    BalasHapus
  13. semoga peraturan pemerintahnya bisa berjalan sebagaimana mestinya mas ya :)

    BalasHapus
  14. mugo-mugo pemerintah makin baik ae maz

    BalasHapus
  15. wah ilmu baru nih, sempet dulu pernah denger tapi ngga tahu juga tentang SPIP, artikel yang menambah ilmu pengetahuan .....

    BalasHapus