Selasa, 08 Februari 2011

Amplang

Samarinda sebagai ibukota Provinsi Kalimantan Timur tidak hanya terkenal dengan Pesona Sungai Mahakam. Ada banyak hal lain yang juga tak kalah mempesonanya dan menjadi semacam ciri khas dari Kota Samarinda. Salah satu pesona yang menjadi ciri khas tersebut terletak pada kulinernya, yaitu berupa camilan ringan. Bahkan, camilan ringan yang satu ini telah menjadi semacam oleh-oleh yang yang wajib dibawa pulang orang luar ketika berkunjung ke kota yang berjuluk Tepian (teduh rapi aman dan nyaman). Ya, camilan ringan itu adalah AMPLANG.

Amplang adalah sejenis krupuk yang terbuat dari campuran tepung tapioka, bumbu rempah, dan ikan pipih atau ikan tenggiri khas perairan Sungai Mahakam atau Sungai Karang Mumus. Ikan pipih atau ikan tenggiri inilah yang menjadikan amplang begitu gurih dan kriuk-kriuk ketika digigit. Sebenarnya, tidak ada keharusan menggunakan kedua jenis ikan tersebut sebagai bahan dasarnya. Ikan jenis lain pun bisa digunakan, seperti ikan haruan (ikan gabus), tetapi rasanya akan sangat berbeda.

Amplang yang terkenal di Samarinda adalah amplang jenis kuku macan. Dinamakan kuku macan karena bentuknya yang memang mirip dengan kukunya macan. Ukuran dari amplang ini adalah seujung jari kelingking yang meruncing sehingga memungkinkan untuk menyantapnya dengan sekali suap.

Penjualan amplang tersebar di berbagai sudut di Kota Samarinda. Namun, akan lebih mudah menemui camilan ringan ini ketika melintas di jalan Slamet Riyadi Kelurahan Karang Asam. Di sepanjang jalan ini, berbagai outlet berjajar menjajakan amplang disamping juga menjajakan camilan-camilan lain khas Kota Samarinda.

Jadi, tunggu apalagi. Buruan membeli camilan ringan ini, karena tidak akan lengkap berkunjung ke Kota Samarinda jika tidak membawa oleh-oleh berupa amplang. Buktikan sendiri.

11 komentar:

  1. wahh dibengkulu juga ada
    tapi disini namanya kemplang :D

    BalasHapus
  2. malam mas
    aku belum pernah mencicipi amplang ini

    BalasHapus
  3. amplang, wah baru ngerti, kalo kemplang sering makan.. makasih infonya :)

    BalasHapus
  4. sama.... di pekanbaru ada juga
    ada pake ikan patin juga
    enak buat tambahan lauk nasi
    colet pake sambal belacan
    hm,mmmm sedapnye
    tak nampak mertue lewat

    BalasHapus
  5. wah....sudah tak bermasalah nih. tinggal makanannya yang harus dicari.

    BalasHapus
  6. Kayaknya enak dan gurih tuh amplangnya. Jadi pengen nyicip deh... :p

    BalasHapus
  7. Kalau bicara soal makanan, shasa seneng deh... hehehe

    BalasHapus
  8. mau dong dikirimi amplang hehe

    BalasHapus
  9. kalau dipalembang itu mirip kemplang, memang kalimantan dan sumatera makananannya gak jauh beda ya :)

    BalasHapus
  10. malam maz...
    samarinda memang kota yang sangat terkenal selain jakarta dan surabaya.
    Banyak keunggulan kota yang harusnya ditonjolkan samapipromosi ke luar pulau akan lebih baik jadinya.

    Amplang.
    Memang belum pernah dengarapalagi mencoba camilan yang satu ini pasti mak nyus rasane yo.
    Yawda kapan-kapan kalau berkunjung kesana tak mampir untuk membeli camilan yang satu ini.

    Entah kapan hehehe..

    BalasHapus