Sabtu, 12 Februari 2011

Asli Atau Rekayasa


Beberapa minggu yang lalu, di wilayah sekitar dekat rumahku terjadi kebakaran hebat. Kebakaran tersebut menghanguskan puluhan rumah. Saat kejadian angin berhembus  kencang sehingga dengan mudah menghancurkan rumah yang kebanyakan dijadikan sebagai tempat bangsalan. Tahu sendirikan kalau tempat bangsalan pasti padat sekali penduduknya. Jadi, tidak heran bila dilokasi kebakaran tersebut macetnya luar biasa.

Kemacetan tersebut semakin diperparah karena saat itu bersamaan dengan waktu pulang  karyawan kantor. Kira-kira sekitar jam 5 sore. Akibatnya, mobil pemadam kebakaran kesulitan untuk melintas di TKP. Belum lagi masyarakat yang berkerumun dan hanya sekedar menyaksikan tanpa berbuat apa-apa.

Kalau sudah begitu, tentu sulit untuk memadamkan api yang sudah terlanjur membesar. Asap pun membumbung tinggi terbawa hembusan angin kencang dan dengan mudah merambat dari satu rumah ke rumah yang lain. Semua orang dilokasi tersebut diliputi dengan wajah-wajah penuh kecemasan.

Nah, pada saat kejadian, ada seseorang yang mengabadikannya dengan kamera handpone. Pas dilihat, ternyata hasilnya aneh. Api kebakaran tersebut terlihat membentuk gumpalan seperti makhluk hidup. Kalau kuimajinasikan, ia seperti sosok makhluk gaib dengan gambaran menyerupai jin atau setan. Tentu saja, foto ini menjadi heboh dan menyebar melalui satu handpone ke handpone yang lain. Aku juga tidak tahu, apakah foto ini asli atau hanya rekayasa. Maklum saja, aku bukan pakar telematika, jadi tidak bisa membedakannya. Kalau menurut sahabat sendiri bagaimana?

29 komentar:

  1. seperti dulu juga pernah pas peristiwa kebakaran pasar di jakarta, terus gunung merapi meletus kabarnya juga muncul bentuk2 aneh, tapi entah asli atau palsu

    BalasHapus
  2. iya, saya juga bisa lihat gambar apinya berbentuk mirip manusia... tapi saya pikir kebetulan aja ini mah... :)

    BalasHapus
  3. wah, kebetulan aja kali bentuknya seperti itu

    BalasHapus
  4. hemm ngeri ah.. sebenernya kayak gini udah sering ada.. kayak kemarin wedus gembel merapi juga, ada yang motret mirip-miripin.. bisa-bisanya aja yang motret sih kalo ini mah.

    BalasHapus
  5. banyak sih kejadian kayak gini
    sperti awan menyerupai tulisan atau bentuk2 apa

    wallahualam.. deh itu benar atau gx

    BalasHapus
  6. bisa jadi saat pijaran dan kobaran api itu telah membentuk berbagai penampakan fenomena yang secara kasat mata bisa dipersepsikan bermacam hal.

    BalasHapus
  7. bingung juga, asli atau rekayasa yaaa, tapi sering terjadi kejadian seperti ini sob

    BalasHapus
  8. td saya coba perbesar foto itu sob, dgn perbesaran yg berbeda2.ternyata antara gambar api (jin) itu jauh lbh halus dari gambar latar belakangnya. intinya foto itu udh mengalami sedikit editing.

    saya rasa itu palsu sob!

    BalasHapus
  9. kayaknya sih editing dikit. tapi bisa juga asli. ga tau ahh, saya bukan pakarnya. :-)

    BalasHapus
  10. kunjungan balasan maz
    lha ini ya kurang tahu aku maz
    mungkin saja inihanya hasil rekayasa saja

    BalasHapus
  11. waah saya juga bukan pakar telematika...jadi kalau dibilang asli, mungkin saja atau mungkin karena efec cahaya nya bisa jadi juga

    BalasHapus
  12. hahaha...saya jadi ingat kalo lihat tembok di kamar mandi yang lumutan seperti wajah orang yang tersenyum.

    BalasHapus
  13. Mungkin sebuah kebetulan ajah

    BalasHapus
  14. Salam kenal sebelumnya,,
    terima kasih sudah bersedia main di kandang bebek..
    hehehe...

    Wadowh Mas, mungkin perlu bantuan ahli telematika untuk hal ini..
    Hihihi...

    BalasHapus
  15. Malem Sob.. aku datang :P

    Hem ... klo fotonya sih bisa dipastikan Asli cuma klo untuk bentuk dan wujud api yg dinilai sebagai makhluk ghaib aku gak yakin Sob... soalnya klo moto gitu kan tergantung moment ketangkepnya hhe.. aku juga sering moto awan trus berbentuk muka soalnya :D

    Semangat n met weekend Sob.. :D

    BalasHapus
  16. Wah, aku tak bisa jawab juga sih... tapi mungkin pendapat beberapa teman yg mengatakan itu hasil rekayasa ada benarnya.

    BalasHapus
  17. Hal2 spt itu (yang aneh2) memang seringkali terjadi. Dan aku juga gak tahu kebenarannya.

    BalasHapus
  18. Kebakaran kok malah jadi tontonan ya?

    BalasHapus
  19. berbeda" sii pendapat orang lain, iiaaa yang bikin kreativ dagh.. hihiihihih

    BalasHapus
  20. iya ya bentuk apinya aneh saya jadi teringat sama film casper abis bentuknya mirip saudara casper yang 3 jahat itu

    BalasHapus
  21. gatau juga seeh asli apa ga.
    tapi bentuknya bagus.

    semoga tidak ada korban jiwa, dan bagi yang kemalangan diberi ketabahan dari Allah SWT.

    aku pernah buat rekayasa gambar :
    http://www.attayaya.net/2010/05/gempa-terbaru-gedung-kantor-walikota.html

    tapi keliatan banget jeleknya hehehehe
    namanya juga lagi belajar

    BalasHapus
  22. Wahhhh keren apinya.....

    BalasHapus
  23. kebetulaann ajah itu . ..
    biasanya warga Indonesia kalau ada kejadian aneh sedikit pasti langsung dianggap keramat dan ngasih sesajen dech ~_~

    padahal kan gak boleh itu

    BalasHapus
  24. perlu Roy Suryo juga kalau begitu untuk memastikan keasliannya

    BalasHapus
  25. wah kebakaran hebat sampe ada sebuah penampakan ya..
    sahabat saya ada award untuk sahabat.. silahkan di jemput di blog saya ya

    BalasHapus
  26. Wah yang begitu memang sellau bikin sensasi, ada aj,,tergantung logika aj kali, mungkin angin jadi asapnya seperti itu..

    salam

    BalasHapus
  27. yang bikin binggung apinya itu mirip orang sedang liat ke bawah

    BalasHapus