Rabu, 09 Februari 2011

Coretan Hidup Pulih Kembali


Kemarin benar-benar panik. Blog Coretan Hidup tidak dapat diakses. Hal ini kuketahui dari seorang sahabat yang bernama Muhammad A Vip yang berkomentar di blogku yang ada di wordpress. Ia memberitahukan bahwa setiap mau mengakses blog ini yang muncul malah situs yang berbeda. Pantasan, dari tadi siang kemarin waktu mencoba membuka blog ini di HP, tertera tulisan bahwa blog telah expire. Aku jadi bingung, kenapa bisa begini? Perasaan aku tidak pernah membeli domain untuk sebuah blog. Selama ini aku masih merasa nyaman dengan menumpang di blogspot. Belum ada keinginan untuk membeli domain sendiri karena memang aku tidak ingin direpotkan dengan tagihan setiap tahunnya. Rasanya sayang saja jika telah membeli domain tersebut tetapi tidak mengoptimalkannya dengan jarang memperbaharui tulisan. Selain itu aku juga malas jika harus mempelajari berbagai macam kode-kode HTML atau apalah namanya.

Malamnya, aku mencoba membuka blog ini melalui laptop. Mulanya bisa terbuka, tapi tiba-tiba menjadi blank dengan tampilan tulisan dilayar : Error: Page cannot be displayed. Please contact service provider for more details. Anehnya lagi blog ini selalu mengarah pada link : http://www.srbekasi.org/. Aku jadi pusing dibuatnya dan tidak tahu bagaimana harus memperbaikinya. Aku lalu mencoba masuk ke dasbor dan ternyata masih bisa. Kucari dimana letak kesalahannya dengan mencoba menghapus beberapa gambar pada tulisan yang kucomot dari google images. Aku hanya mengira-ngira saja, mungkin itu yang menjadi penyebabnya. Setelah itu, aku keluar dari dasbor dan membuka kembali blogku tersebut. Hasilnya ternyata sama saja. Tidak ada perubahan. 

Saat itu aku menjadi putus asa. Rasanya sia-sia saja apa yang kutulis selama ini. Arsip-arsip mengenai perjalanan hidupku pun raib seiring dengan tidak bisa diaksesnya blog ini. Aku benar-benar kecewa. Namun aku juga terus berharap bahwa ini hanya sementara dan besok pagi akan bisa kembali mengaksesnya. Akupun lalu tidur dengan perasaan yang tidak tenang.

Subuh hari aku terbangun. Lalu, aku hidupkan laptop dan dan mencoba kembali mengakses blog Coretan Hidup. Ternyata juga masih sama. Aku berpikir keras apa gerangan penyebabnya. Iseng-iseng aku ketikkan kata srbekasi.org pada mesin pencarian google. Tanpa disangka ada tulisan yang bercerita tentang blog yang tidak bisa dibuka dan selalu mengarah pada link tertentu. Disitu dijelaskan bahwa penyebab tidak bisa dibukanya blog adalah karena widget daftar isi yang mengarah pada link http://www.srbekasi.org/. Untuk itu, widget daftar isi tsb harus dihapus agar blog bisa kembali diakses.

Berbekal dari penjelasan yang dipaparkan, aku lalu menghapus widget daftar isi yang terletak dibagian bawah kanan dari blog Coretan Hidup. Setelah itu kucoba membukanya dan ternyata berhasil. Blogku sudah pulih kembali. Betapa senangnya hatiku. Selanjutnya, aku mencari widget lain tentang daftar isi yang tidak mengarah pada link http://www.srbekasi.org/. Kupasang ulang dan hasilnya seperti yang tampak sekarang ini.

Jadi, kesimpulannya adalah memasang widget untuk mempercantik blog sah-sah saja. Namun harus tetap waspada karena tidak semua widget yang kita perolehi adalah baik. Beberapa malah bisa menghancurkan blog yang kita miliki tersebut.

27 komentar:

  1. Kunjungan perdana! Selamat karena blognya kembali pulih

    BalasHapus
  2. wah syukurlah kalau sudah normal kembali gan, tapi lumayanlah dapat menjadi pembelajaran buat yang lainnya agar lebih hati-hati

    BalasHapus
  3. oh bisa bgt ya? Berarti harus lebih hati2 lgi dlm menggunakan script external krn bisa jadi ada virusnya yg akan menyebabkan blog kita tdk bsa di akses. Salam sahabat

    BalasHapus
  4. kunjungan perdana juga nih saya, bener itu harus hati" masang" widget di blog, supaya ngga kejadian kaya blognya situ... :)

    BalasHapus
  5. wah, berarti mesti hati2 bgt ya. jangan sembarangan masang widget. dulu aku pernah juga gak bisa masuk ke blogku seolah2 blogku ditutup. tapi masuk dari imel akhirnya bisa juga.

    BalasHapus
  6. waah... ada scrip yg eror nyangkut di blog ya bro... syukur dech... blognya dah pulih. dah bisa ngeblog lagi.. salam knal.. :)

    BalasHapus
  7. wahhh sukur deh sekarang udah baikan blognya.. jadi saya bisa tetep bkunjung ksini untuk menyapa

    BalasHapus
  8. Rasanya pasti "DAG DIG DUG DUARRR...!!!" hehe..
    Selamet deh mas Ifan,,
    Seharusnya blog di blogspot akan selalu aman soal domain dan hosting, karena hosting di blogspot sangat tangguh, kalau ada masalah pasti biang keroknya ada pada script/html yang kita sisipkan,, :D

    BalasHapus
  9. aku pernah masang banner, dan gara-gara itu blogku ga bisa diakses chrome..

    BalasHapus
  10. pengalaman yang menarik. semoga tidak menimpa saya.

    BalasHapus
  11. Aku jadi harus hati2 nih... takut kalau kejadian yg sama terjadi padaku.

    BalasHapus
  12. Kebayang deh paniknya saat blog tiba2 rusak dan tak bisa dibuka.

    BalasHapus
  13. Semoga blog shasa aman2 saja Om.

    BalasHapus
  14. Syukur deh Om, blognya udah normal kembali. Untung aja ketahuan 'penyakitnya' ya?

    BalasHapus
  15. sebuah pelajaran berharga.
    makanya aku gamau masang widget yg aneh2
    ayooooooo semangat

    BalasHapus
  16. syukurlah, karena udah beres akhirnya takdir membuat saya bisa menulis komen disini.

    BalasHapus
  17. wah,pengalaman yang berharga banget.. emang di beberapa tempat kalo link yang dipasang ternyata diblokir, blog pemasang link itu juga kena blokir.

    untung udah ketemu masalahnya dan sekarang bisa ngeblog lagi yah..

    BalasHapus
  18. met malam..nunggu update nih

    BalasHapus
  19. untunglah masih bisa pulih blognya
    chika juga pernah masang widget untuk mempercantik coment
    eh tapi malah komentar pada hilang semua >.<

    BalasHapus
  20. Kunjungan perdana saya...
    Salam kenal...

    Wah, selamat iya blog nya dah kembali lagi :)

    BalasHapus
  21. wah jadi menggunakan widget daftar isi bisa membuat link blog kita jadi nyasar toh..
    hmm...

    BalasHapus
  22. Ini persis yg dialami sama Mas Herdoni Sob.. dan setelah tak cek di blognya dan cari source HTML'y masalahnya emank dari hostingan Image yg bertempat ke srbekasi itu.... dan aku udah bilang suruh hosting ke tempat lain dulu untuk Background dan lainnya... hem, widget sekarang banyak yg disusupi ya ternyata, yg page view juga sama tuh tapi bedanya itu hanya pop up aja....

    Untung udah beres hhe... :P

    Semangat n sukses slalu Sob..

    BalasHapus
  23. Saya menemukan blog ini juga blog saya mengalami hal yang serupa, tapi kode html yang mana ya bermasalah ?

    BalasHapus
  24. Gan, Punya ane juga ga bisa di buka, malah udh di hapus semua widget nya, tp tetep aja ga bisa kebuka.. solusi nya gimana ya?

    BalasHapus
  25. @sammy rockzz : Blogmu kan hosting yang berbayar. Lebih baik kamu hubungi penyedia layanan tsb. Mungkin dia bisa menjelaskan musababnya.

    BalasHapus