Selasa, 15 Februari 2011

Ketergantungan Dengan Internet

Dalam 10 hari kedepan bakal tidak bisa mengakses internet lewat laptop. Pasalnya dari tanggal 16 sd. 25 Pebruari 2011 aku harus mengikuti Diklat Manajemen Kepegawaian di Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Kalau sudah begitu ada sesuatu yang sepertinya hilang. Memang agak berlebihan. Tapi ini wajar. Sesuatu yang biasanya telah diakrabi setiap hari, namun secara tiba-tiba lenyap, maka akan terasa sulit untuk melupakannya. Sebenarnya sih masih bisa mengakses internet melalui HP, tapi rasanya kok tidak terlalu puas. Sudah terbiasa dengan layar besar. Mau membawa laptop kesana beserta modem juga tidak bisa. Kasihan orang rumah. Mereka juga memerlukannya.

Aku tidak tahu apakah nanti di Balai Diklat tersebut dilengkapi dengan fasilitas internet. Kalau ada, pasti akan menyenangkan. Paling tidak, aku bisa mengakses blog Coretan Hidup walau hanya sekali-sekali saja. Juga akan mengetahui perkembangan terbaru yang lagi hangat dibincangkan dijagat perblogan. Tapi kalau pun memang tidak, ya bukan menjadi masalah besar. Hitung-hitung ini akan menjadi semacam pembelajaran agar aku berlatih membiasakan diri untuk tidak terlalu tergantung dengan yang namanya internet.

Sebenarnya, dulu pun waktu ke sini semasa prajabatan pada Mei 2007, memang tidak ada fasilitas internet. Dan aku pun pada saat itu meskipun sudah mengenal yang namanya internet tetapi tidak terlalu mengakrabinya. Ketidakakraban itu sepertinya menguntungkan aku. Buktinya, selama prajabatan berlangsung, aku baik-baik saja. Malah, hiburanku saat itu hanyalah HP butut Motorola dengan fasilitas radio saja. Tidak ada MP3 atau kamera. Jadi, saat jam istirahat, radiolah yang menjadi andalanku. Sekarang malah sebaliknya. Belum berangkat saja, aku sudah mulai kalang kabut dan dibuat resah.  Aku mulai bertanya pada diriku sendiri, kenapa bisa begini? Apa aku mulai diperbudak oleh kemajuan teknologi? Entahlah! Sulit menjawabnya. Tapi aku harap tidak. Semoga!

17 komentar:

  1. wah, kirain buat semua g bisaakses internet ,hahaha...

    wah, iya pasti kangen bgt buat blogwalking..

    semoga perjalanan dan kegiatannya menyenangkan...

    BalasHapus
  2. semoga sukses diklatnya, trus nanti kalo udah kelar baru update lagi blognya.
    emang kadang dunia nyata harus didahulukan koq.

    keep on spirit aja!

    BalasHapus
  3. memang kadang dirasakan akhir-akhir ini internet seakan menjadi kebutuhan utama, hanya sayangnya masih belum diimbangi oleh tarif yang terjangkau bagi semua pihak dan terutama kecepatan akses yang baik...

    BalasHapus
  4. wahhh kalo memang harus berpisah selama itu saya yakin akan merindukan anad.. hehe.. cari warnet aja mas.. :D

    BalasHapus
  5. walo tak ada internet
    tetap semangat ya
    cepet kembali

    BalasHapus
  6. wah pake hp ae maz biar bisa akses internet dimanapun kalau laptop belum bisa.

    Selamat mengikuti diklat nantinya maz.
    semoga lancar

    BalasHapus
  7. sama, aku juga begitu, kalau tidak buka inet setiap hari.. rasanya ada yg kurang :D

    BalasHapus
  8. Selamat mengikuti diklat ya..? Wah, pasti komen-ku ini sudah tak terbaca ya..? hehehe

    BalasHapus
  9. Bentar lagi aku yg akan diklat, kalau jadi sih awal April nanti... Bahkan lebih lama darimu.
    Tapi aku akan bawa laptop plus modemnya..! Biar gak bete. hehehe

    BalasHapus
  10. semoga sukses diklatnya yaa...
    memang seharusnya tidak boleh ketergantungan,seperti aku ini...sepertinya tidak ada darah kalau ngak ada internet :D

    BalasHapus
  11. hei selamat menjalani diklatnya... :D

    ia yah dulu aku juga prajab gak butuh2 bangat tuh ma internet, coba sekarang...huuuuu tak bisa pindah dari internet hehehe

    BalasHapus
  12. Semoga diklatnya lancar deh bos..amien

    BalasHapus
  13. memang lebih enak inetan pake kompi daripada hp. kecil banget

    BalasHapus
  14. Haloooo... kok belum update lagi?

    BalasHapus
  15. Memang internet bagai candu... wuih...

    BalasHapus
  16. meninggalkan internet dalam waktu sebentar memang menyiksa, tapi rasanya kalo sudah lama tidak lagi. itu yang saya alami.

    BalasHapus