Senin, 21 Maret 2011

Mesin Ketik Riwayatmu Kini

Pandanganku tertuju pada sebuah benda yang teronggok di sudut ruangan kamar. Tampak berdebu dan tak pernah digunakan lagi. Padahal dulunya, benda itu sangat kuakrabi dan berjasa sekali dalam menyelesaikan tugas-tugas pendidikanku. Setidaknya, dari jaman sewaktu aku masih mengeyam pendidikan SMP sampai dengan awal-awal perkuliahan, benda itulah dengan setia menemaniku. Benda itu tidak pernah lelah ataupun protes untuk mengeluarkan bunyi yang bersahut-sahutan ketika jari jemari ini menyentuhnya. Namun kini, nasib benda itu sungguh menyedihkan. Bahkan mungkin, hanya menjadi riwayat disuatu hari nanti.

Benda itu adalah mesin ketik. Benda yang sekarang ini tampaknya sudah mulai ditinggalkan dan digantikan fungsinya oleh komputer. Entahlah, apakah benar seperti itu. Tapi bagi diriku sendiri, perubahan ini sangat terasa sekali. Mesin ketik yang aku punyai hanya teronggok begitu saja. Padahal mesin ketik itu masih lumayan bagus. Hanya saja karena saking jarangnya digunakan, maka terlihat kusam dan tak terawat.


Mesin ketik yang aku punyai adalah warisan dari pamanku. Merknya Brother dengan tulisan Nagoya, Japan A25173060. Aku tidak tahu pasti, kapan tepatnya mesin ketik itu dibeli. Menurut penjelasan dari beberapa anggota keluarga, kemungkinan mesin ketik itu dibeli sekitar tahun 1982 – 1986 an. Wow, lama sekali ya. Hampir 20 tahunan lebih. Kalau diibaratkan manusia, mungkin ia sudah menjelma menjadi sosok seorang remaja dewasa. Lebaynya keluar deh.

Perubahan memang tidak bisa dielakkan. Dan itupun menimpa mesin ketik. Penemuan teknologi yang berkembang pesat memaksa orang-orang untuk meninggalkannya dan beralih kepada sesuatu yang lebih cepat dan efisien, seperti komputer. Hal itu adalah fakta yang tak terbantahkan. Dan tanpa disadari, kita adalah bagian dari orang-orang yang ikut andil meminggirkan keberadaan mesin ketik. Terbukti pada saat ini untuk melakukan kegiatan online di internet, baik itu chatting, menulis di blog atau sekedar browsing, harus menggunakan media komputer sebagai perantaranya. Dan perubahan inilah yang mungkin suatu saat nanti akan menjadikan mesin ketik hanya sebuah riwayat yang patut dikenang sebagai bagian dari benda yang pernah mewarnai perjalanan hidup manusia.

34 komentar:

  1. Mesin ketik yang sudah hilang dari peredaran.. hmmm

    BalasHapus
  2. benda klasik yang saya punya adalah meja gambar.
    tp sekarang sudah ada yg ambil barang itu... untuk dimusnahkan! :(

    BalasHapus
  3. brother itu mesin ketik bagus loh. coba dipakai sekali-kali. :)

    oia, saya ijin share. mohon jangan dianggap sebagai spam. namun jika tidak berkenan, dihapus saja tidak apa-apa.

    seorang adik dari anak didik teman saya saat ini sedang membutuhkan bantuan seikhlasnya, baik berupa doa untuk kesembuhannya maupun dalam bentuk finansial. Saat ini dana yang terkumpul baru sekitar 3,5 juta, sementara yang dibutuhkan sekitar 50juta.

    info lebih lengkapnya bisa dilihat di sini.

    Nurul Safika

    silahkan di share ke rekan-rekan yang lain.
    insya Allah, kebaikan anda semua mendapatkan balasan Tuhan yang Maha Esa.
    terima kasih.

    BalasHapus
  4. sekarang mesin ketik jeglag jegleg sudah terpinggirkan. besok keyboard komputer lenyap. tekhnologi layar sentuh entah akan sampai kapan bertahan. hidup memang begini, gusur menggusur.

    BalasHapus
  5. wah,ane punya banyak pengalaman ama mesin tik.MAKASIH BUAT MESIN TIK.banyak pengalaman seru.makasih uda posting.kapan nih berkunjung keblog ane

    BalasHapus
  6. wah sejarah ni ..... patut diabadikan...heheheh canda sob...... salam kenal ya ssob kunjungan perdana...

    BalasHapus
  7. kalo aku masih pake mesin ketik manual karena utk ketik cover akta yg tebel, gak bisa dg mesin printer. ketebalan sih.

    BalasHapus
  8. simpan dan jangan dibuang
    menjadi kenangan dan barang antik
    ditempatku, dahulu banyak tempat kursus dan perbaikan mesin tik.
    sekrang berganti kursus dan perbaikan komputer.
    sangat susah mencari org utk perbaikan mesin tik.

    BalasHapus
  9. sore...
    itu mesin ketik yang bernilai sejarah tinggi di dunia akuntansi

    BalasHapus
  10. Numapng berkelana mencari informasi baru disini.
    mesin ketik sampai saat ini masih tetap saja ada.

    BalasHapus
  11. punyaku sudah lama mangkrak tak terpakai...

    BalasHapus
  12. hmmhhh.. kemaren gw nonton film mercury rising,, dan ternyata kelebihan dari mesin ketik ini adalah BEBAS VIRUS dan ANTI SPY WARE.. hehe lebih hebat dari komputer ya keamanannya

    BalasHapus
  13. meski dah ketinggalan namun saya masih perlu juga sesekali memakainya untuk pekerjaan yang tak ada hubungannya dengan komputer

    BalasHapus
  14. assalamu'alaikum Kang,
    Mesin ketik bagiku penuh kenangan dan bersejarah, karena dengan itu saya mendapatkan istri dan menyelesaikan skripsi di awal 90-an. Mesin ketik buatan jerman itu masih tersimpan rapi di tempatnya

    BalasHapus
  15. Ah, enggak jg kok sob, buktinya dikantorku, semua para pekerja udh memakai komputer masing2, tapi tetap ada satu atw dua mesin tik yg msh aktif dipakai. karna tugasnya msh blm selesai kok.

    msh byk jg kok hal2 yg musti memakai mesin tik, gak musti pake komputer.

    jgn sampe deh, kita mkn kacang lp kulitnya.

    BalasHapus
  16. tapi di kampus saya, mesin tik masih jadi barang wajib bagi mahasiswa teknik dan ipa.

    have a nice weekend ^^

    BalasHapus
  17. Walaupun sekarang era komputer, tapi di kantorku masih ada lho mesin ketik, meskipun jumlahnya juga tinggal 3 buah... :)

    BalasHapus
  18. Mesin ketik yg dulu kubawa waktu kuliah sekarang udah berpindah tangan. :)

    BalasHapus
  19. shasa belum pernah pakai mesin ketik.

    BalasHapus
  20. kasihan ya mesin ketiknya... jadi nganggur.

    BalasHapus
  21. untung skripsi ga perlu pake mesin tik lagi.. :))

    BalasHapus
  22. Inget Pak Carik Di Kampung...Masih Juga Pakai Mesin Kuno Tersebut..

    BalasHapus
  23. sama nasibnya kayak mesin ketik di rumah
    hehe.. jadi teronggok aja

    BalasHapus
  24. riwayat mesin ketik terus berlanjut rupanya

    BalasHapus
  25. Mesin tik di rumah saya juga ada 1. Dan seperti yang lain, kondisinya juga udah terbengkalai.. hhhh..

    Komputer sama notebook memang sekarang udah bukan barang mewah lagi ya..

    Salam kenal..

    BalasHapus
  26. waduh..mesin tik jaman saya kuliah dulu nih!! bunyinya yg jetak -jetok berhasil membangunkan orang tengah malam! :D

    BalasHapus
  27. mesin ketik masih dipakai tuk tugas lab biasanye, tapi memang barang lama harus disimpen bro buat kenangan di masa datang :)

    BalasHapus
  28. Ada beberapa pekerjaan yang masih membutuhkan mesin ketik jaman sekarang. jadi inget jaman SMP, belum punya compu garap tugas pake mesin ketik. cetik cetik cetik, salah di tipex. jadul banget.
    salam hangat :)

    BalasHapus
  29. Seiring perkembangan teknologi komputer, maka mesin ketik sepertinya akan tersisih, tapi dalam kondisi manual tertentu masih tetap bisa dimanfaatkan kembali.
    SALAM hangat dari Kendari.

    BalasHapus
  30. terakhir pake mesin tik dah lama banget, tapi memang harus tetap dirawat buat cerita anak cucu nanti :)

    BalasHapus
  31. selamat siang sobat, aku lagi sakit perut nih.

    BalasHapus
  32. mesin ketik udah ga kepakee lagi karang, kasiann

    BalasHapus
  33. betul 3x dulu waktu kecil aku pernah iseng ngetik dengan mesin tik. tapi sekarang seringnya pakai kompie. jadi inget dah!
    tapi, meski mesin ketik jadul dan udah mulai digantikan perannya oleh kompie, mesin ketik punya kelebihan tersendiri yang nggak dimiliki kompie yaitu:
    -Kita bisa lebih teliti karena untuk menghapus tulisan yang udah t'ketik nggak gampang mesti pakai stipo.
    -Dan karena itu ada keinginan buat lebih teliti!
    :)
    @nabils29
    Jangan lupa kunjungi blog saya iya! (promosi!)

    BalasHapus