Minggu, 08 Mei 2011

Film Animasi 4 Dimensi




Dulu waktu ke Ancol, aku pernah sangat ingin memasuki wahana yang memutar pertunjukan film animasi 4 dimensi. Namun berhubung saat itu waktu yang ada sangat mepet, terpaksalah aku hanya bisa memendam keinginan tersebut. Sebenarnya ada perasaan kecewa karena telah melewatkan kesempatan yang langka tersebut dimana aku berpikir bahwa belum tentu aku bisa menemukan kesempatan itu lagi. Tapi, aku menyadari bahwa ada sesuatu yang lebih penting yang harus dikerjakan ketimbang memenuhi keinginan yang hanya timbul sesaat. 

Seiring berjalannya waktu, keinginan itu lambat laun mulai terkubur. Sampai pada akhirnya, Sabtu tanggal 30 April 2011, sekitar jam 10.30 wita, saat aku ke Plaza Mulia Samarinda yang terletak di jalan Bhayangkara (dulunya merupakan bekas Bioskop Parahyangan) untuk berbelanja suatu keperluan, aku melihat segerombolan anak di lantai 4 yang sedang berbaris rapi di suatu petak. Penasaran dengan hal itu, lalu aku mendekat untuk mengetahui apa yang terjadi. Ternyata setelah diusut, anak-anak tersebut sedang antri untuk menunggu pemutaran film animasi 4 dimensi. Wow, kebetulan sekali. Inilah yang aku tunggu sejak dulu. Kesempatan untuk menonton film animasi 4 dimensi akhirnya datang juga. Tanpa pikir panjang, aku langsung membeli tiket seharga Rp 25.000,-

Didalam ruangan theatre yang kuperkirakan hanya berukuran sekitar 3 X 4 meter tersebut, aku berbaur dengan para penonton yang sebagian besar didominasi oleh anak-anak TK. Sebenarnya ada perasaan malu harus bergabung dengan mereka. Tapi apa boleh buat, demi sesuatu yang telah lama aku tunggu maka aku buang rasa malu itu jauh-jauh. Sebelum pertunjukan dimulai, setiap penonton diberikan kacamata 4 dimensi untuk dapat merasakan sensasi dan efek yang ditimbulkan. Ada 4 film animasi yang diputarkan. Pertama bercerita tentang kehidupan dinosaurus, yang kedua tentang planet-planet, yang ketiga tentang hantu dan yang terakhir tentang roller coaster. 

Pada akhirnya selama kurang lebih 40 menit, aku menikmati juga pertunjukan film animasi 4 dimensi tersebut meski harus terganggu dengan teriakan anak-anak TK yang terus bergema hingga film usai. Aku memaklumi hal tersebut karena memang sensasi dan efek yang dirasakan seakan membawa penonton pada tempat dan kejadian yang nyata. Misalnya saja ketika ada adegan air tejun, maka disekeliling ruangan tiba-tiba timbul percikan air. Begitu juga ketika dilayar muncul buih-buih, maka ada balon-balon gelembung yang berterbangan. Mungkin hanya ada satu kekurangan yaitu kursi-kursinya tidak bergerak. Coba jika ditambahi dengan efek kursi yang bergerak, maka sensasi penonton akan semakin luar biasa. Namun, hal tersebut aku rasa tidak mengurangi antusiasme penonton. Bagi kota sekelas Samarinda, dengan adanya pertunjukan film animasi 4 dimensi tersebut adalah sesuatu yang bagus. Belum tentu di kota-kota lain di Indonesia telah ada wahana semacam ini. Meski tidak secanggih Jakarta atau kota-kota besar lainnya, paling tidak masyarakat Samarinda telah bisa merasakan sensasi yang lumayan menyenangkan, termasuk aku tentunya. 

video

15 komentar:

  1. haha.. emang rasanya aneh juga sih kalo orang dewasa saingan ama anak2 buat nonton 4 dimensi..

    tapi kalo ga ada ortu yg nemenin siapa yg jagain anak2 dong? lagipun jaman kita kecil kan ga ada yg kayak gitu.. *ngeles*

    1st visit, nih.. salam

    BalasHapus
  2. ingat pascal nonton film 4D nangis dulu

    BalasHapus
  3. wah ini sudah 4D
    yang 3D saja aku belum pernah melihatnya kawand hehe

    BalasHapus
  4. aku kalo liat film 4 dimensi suka merem, karena suka kayak beneran gitu. hehee

    BalasHapus
  5. 4D tentu membuat jantung berdebar saja mas

    BalasHapus
  6. 4D? wah. aku taunya baru 3D. semoga saya bisa nonton yang 4D juga. :D

    BalasHapus
  7. kalo mbak fanny suka serem liat film 4 dimensi, aku malah suka seneng, soalnya seru sih

    BalasHapus
  8. 4 dimensi??? keknya aku belum mencoba deh. pengen ntar sesekali

    BalasHapus
  9. wah..filmnya pasti seru ya..
    kayaknya sy malahan yang lebih malu lagi Mas, karena sampai saat sekarang pun, sy belum pernah nonton film 4D itu ..he..he... (*jadi malu nihh...*) :(
    SALAM..

    BalasHapus
  10. masih lagi nonton juga nih, wah betah

    BalasHapus
  11. menjadi kebahagiaan tersendiri ini mas bisa menikmati film 4D

    BalasHapus
  12. aku tak nonton dulu videonya

    BalasHapus
  13. belum pernah nonton 4 dimensi, kalau 3 dimnsi sudah pernah nonton

    BalasHapus