Selasa, 01 November 2011

Benda Dari Masa Lalu


Banyak hal dimasa lalu yang kadang menjadi kenangan tak terlupakan. Kenangan itu terus bersemayam dan akan kembali muncul takkala kita mengingatnya. Apalagi jika masa lalu itu masih meninggalkan jejaknya hingga saat ini, pasti akan semakin sulit untuk melupakannya. Jejak-jejak itu bisa berupa foto atau barang.

Itu juga yang kualami takkala berberes sesuatu di kamar. Aku menemukan benda yang mengingatkanku pada masa-masa kuliah dulu. Benda itu adalah sebuah kertas tebal yang berisi panduan mengenai jenis batu-batuan. Bisa dibilang, benda yang berisi panduan tersebut akan membantu dan memudahkan seorang geologi untuk mengidentifikasi jenis batuan beserta mineral yang terdapat di alam. Aku memandang benda tersebut dan mencoba mengingat kembali masa perkuliahan dulu. Rasanya tidak percaya saja bahwa masa selama 3 tahun menempuh pendidikan D3 Teknik, pada akhirnya tidak membuatku bergelut dengan dunia itu. Semuanya berubah takkala aku mencoba peruntungan dibidang lain dengan hanya bermodalkan ijazah SMU dan akhirnya dinyatakan lulus. Sejak saat itulah, segala hal yang aku pelajari semasa kuliah dulu satu per satu mula terlupakan.

 

Ya, pekerjaan yang aku geluti sekarang ini memang jauh berbeda dengan latar pendidikan yang aku tempuh. Disaat teman-temanku yang lain berhasil mendapatkan pekerjaan sesuai dengan latar pendidikan sewaktu kuliah dulu, aku malah sebaliknya. Aku juga tidak tahu kenapa. Yang jelas semuanya mengalir begitu saja. Ini mungkin yang dinamakan takdir. Kita sebagai manusia tidak akan pernah tahu masa depan kita seperti apa, termasuk dalam hal pekerjaan sekalipun. Tapi aku yakin, Tuhan telah mengatur segalanya sesuai dengan porsinya masing-masing.

Saat ini aku kembali kuliah. Tidak lain aku lakukan untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi agar lebih memahami tentang detail yang sesungguhnya dari pekerjaan yang aku geluti sekarang ini. Paling tidak, aku berusaha mengejar ketertinggalan untuk tidak terlalu buta terhadap permasalahan dari tupoksi tugas yang dibebankan kepadaku. Semoga aku mampu dan terus melakukan yang terbaik terhadap pekerjaanku tersebut.

21 komentar:

  1. Jadi terpaksa menggunakan ijazah SMA ya utk melamar kerja sbg CPNS? Bener.. itulah jalan hidup yg memang harus dijalani. :)

    BalasHapus
  2. Sekarang kuliah lagi ngambil jurusan apa? Hukum ya? Sepertinya jurusan itu yg sekarang cocok dg pekerjaan yg ditekuni saat ini :)

    BalasHapus
  3. Ada kalanya dalam kehidupan yang kita jalani, kita hanya memanfaatkan peluang dan kesempatan yang ada. Mengalir bagaikan air, mengisi tempat-tempat yang masih bisa terisi.

    BalasHapus
  4. banyak orang kerja tidak sesuai dengan pendidikannya, yang penting dapat duit banyak lah. jangan seperti saya, terlalu idealis jadi seret duitnya.

    BalasHapus
  5. the right man on the right job
    bukan berarti harus sesuai dengan ilmu, tetapi sesuai dengan proses dan hasil kerja.

    BalasHapus
  6. masa lalu kadang jadi benalu, setidaknya bagiku

    BalasHapus
  7. mari lihat masa depan dengan terus posting

    BalasHapus
  8. Wah.. aku juga pernah mengalami hal yang sama bro, terkenang masa lalu saat bongkar2 isi lemari buat ditata kembali, tiba2 menemukan segobok surat cinta dari mantan kekasih, jadi tertunda deh benahi lemarinya, coz ada hal yg lebih menarik untuk dikerjakan, yakni membaca ulang surat2 itu, dan mengenang masa2 lalu pas pacaran.. :D Suamiku tercengang melihat aku masih menyimpan surat2 dari mantan kekasihku, tp dia ga marah.. karena si mantan itu adalah dirinya sendiri... :)

    BalasHapus
  9. ntar sore mau bongkar lemari
    ntah bakal apa yg kutemukan lagi

    BalasHapus
  10. bagaimana daging kambingnya, masih ada?

    BalasHapus
  11. selamat malam kalimantan.......
    ayo semangaaaat

    BalasHapus
  12. Selamat malam... mampir lagi nih. :D

    BalasHapus
  13. haha... kadang memang apa yg kita pelajari jauh berbeda dgn apa yg akan kita lakukan... :D

    BalasHapus
  14. ayo semangaaaat
    lom mosting lagi neh?

    BalasHapus
  15. pendidikan yang kita terima terkadang memang melenceng dengan kerja yang dijalani saat ini

    BalasHapus
  16. Malah tambah luas ilmunya mas kalau kerja gak sesuai pendidikannya hehe... Kunjungan perdana n lam kenal ya.

    BalasHapus
  17. kembali aku memberi salam
    ayo semangaaaaaaaaaaaaaaaaaaat!!!
    keep spirit
    keep smile

    BalasHapus
  18. apa khabar Ifan???
    semoga sehat selalu

    BalasHapus
  19. lha sekarang terus kerja dimana mas....??
    hidup memang kadang harus berbelok ke tempat yg kadang tak terduga....
    :)

    BalasHapus