Kamis, 08 Maret 2012

Berpikir Positif Dalam Bekerja

Seusai menamatkan pendidikan dari SMU/SMK/MA/Perkuliahan, biasanya seseorang akan dihadapkan pada tugas besar lainnya yang tak kalah penting. Tugas besar itu adalah mencari pekerjaan. Mencari pekerjaan di jaman sekarang ini susah-susah gampang. Gampang bagi mereka yang dengan begitu mudah mendapatkan pekerjaan dalam waktu yang tidak begitu lama. Namun susah bagi mereka yang sampai harus bertahun-tahun baru bisa mendapatkannya. Tentu dapat dimaklumi, sekarang ini persaingan untuk mendapatkan pekerjaan semakin ketat. Sebuah pekerjaan bisa diperebutkan oleh lebih dari 100 orang. Hmm…sungguh ironi. Banyaknya lulusan ternyata tidak diimbangi dengan perluasan lapangan pekerjaan.

Pertanyaan selanjutnya adalah apakah setelah mendapatkan pekerjaan, persoalan akan terselesaikan. Jawabannya sudah pasti tidak. Dalam bekerja pun ternyata banyak masalah yang harus dihadapi. Tugas yang belum terselesaikan, konflik dengan sesama rekan kerja atau atasan, sistem penggajian yang tidak kompetitif, dan lain sebagainya adalah hal-hal yang sering menjadi pemicu permasalahan dalam pekerjaan. Jika hal ini terus berlanjut, maka suasana kerja menjadi tidak kondusif yang pada akhirnya mampu melemahkan motivasi dan semangat dari bekerja itu sendiri.

Untuk mengatasi hal tersebut, ada baiknya selalu berpikiran positif terhadap pekerjaan dan mengenyahkan sisi negatifnya. Berpikir positif berarti memusatkan pikiran dan perhatian hanya kepada hal positif dan menyenangkan. Sebaliknya terhadap sisi negatif bisa menerima dengan ikhlas dan menganggapnya sebagai hal biasa yang mesti dijalani. Itu jualah yang aku coba terapkan takkala menghadapi permasalahan dalam pekerjaan, seperti yang pernah kualami dan kubuat postingannya beberapa waktu lalu.

Nah, agar pikiran dan sikap positif terus mengembang disarankan mengaitkan pekerjaan dengan aspek kehidupan yang luas, seperti yang kukutip pada sebuah artikel yang sumbernya sudah tidak jelas lagi, sebagai berikut :
  • Bekerja itu berhubungan erat dengan kesehatan. Orang yang bekerja lebih sehat dari penganggur, maka demi kesehatan bekerjalah sebaik mungkin.
  • Bekerja adalah proses pengembangan diri terbaik. Ketika bekerja kita berkembang dan tumbuh dalam segala hal. Perhatikan orang yang menganggur maka lama-kelamaan fisik dan mentalnya merosot.
  • Bekerja adalah jalan menuju masa depan yang lebih baik. Jadi bekerjalah sebaik mungkin hari ini demi hari esok.
  • Bekerja adalah cara memberi nafkah kepada keluarga. Artinya bekerja dengan baik adalah salah satu ungkapan cinta kepada keluarga.

2 komentar:

  1. bekerjalah, karena hidup itu kerja. kalo gak kerja berarti .... nganggur.

    BalasHapus