Senin, 01 April 2013

3 Tahun Coretan Hidup

Tanggal Terbentuk
Hari ini merupakan hari yang bersejarah bagi blog Coretan Hidup. Tepatnya 3 tahun yang lalu, pada tanggal 1 April 2010, blog Coretan Hidup mempublikasikan tulisan pertamanya yang berjudul Pesona Sungai Mahakam. Alhamdullillah, pada saat itu dengan sedikit memaksakan diri, aku berhasil juga menorehkan tulisan perdana tersebut. Senang rasanya karena itu berarti menjadi langkah pertamaku untuk terus eksis menghasilkan tulisan-tulisan berikutnya. Berawal dari tulisan pertama pada tanggal 1 April 2010 itu, akhirnya aku berketetapan hati menjadikan tanggal tersebut sebagai hari jadi blog Coretan Hidup. Meski sebenarnya, akun blog ini jauh hari sebelumnya telah aku buat pada bulan Agustus 2008, namun selama masa tersebut, tidak ada dalam diriku tergerak untuk menuliskan apapun sampai akhirnya di tanggal 1 April 2010 itulah, aku berhasil memecahkan kebuntuan yang ada.

Alasan Awal Menulis 
Ketertarikanku dengan dunia blog diawali dengan seringnya aku membaca tulisan-tulisan di blog orang lain, terutama yang membahas perkembangan Kota Samarinda. Tulisan mereka sangat menginspirasi baik dari segi isi maupun tata bahasanya. Lama-kelamaan, aku merasa tertantang untuk mengikuti jejak mereka. Dengan berbekal kemampuan yang apa adanya mulailah aku memberanikan diri membuat tulisan. Pada awalnya memang aku menulis hal-hal yang berkenaan dengan Kota Samarinda. Tapi entah bagaimana, tema tulisanku kemudian berkembang ke topik-topik yang lainnya. Ada yang bertemakan motivasi, informasi, wisata dan kuliner, perjalanan sampai dengan curhat pribadi. Tema yang terakhir tersebut lebih dikarenakan kebiasaan lamaku yang dulu senang menulis hal-hal yang sifatnya pribadi dibuku harian. Ternyata hal tersebut kembali menjangkitiku dengan media yang tentunya berbeda dan mengikut perkembangan teknologi, yaitu blog. 

Tujuan Menulis 
Setelah berpikir lama, aku lalu memutuskan menjadikan blog Coretan Hidup sebagai blog pribadi yang tulisannya lebih memfokuskan diri terhadap kehidupanku sehari-hari. Dengan kata lain blog ini sebagai media yang merekam jejak perjalanan hidupku. Tujuannya sederhana saja, yaitu sebagai pengingat atas apa-apa yang kulakukan dimasa lalu untuk seterusnya dijadikan bahan pembelajaran agar kedepannya bisa lebih bijaksana dalam melakoni hidup.

Hambatan Menulis  
Selama 3 tahun menulis di blog, aku mengamati bahwa tidak serta merta tulisanku menjadi lebih baik. Malah, jika membaca tulisan-tulisanku yang lawas, aku menjadi terkesima dengan kemampuan menulisku. Aku tidak menyangka bahwa pada waktu itu aku mampu menuliskan sesuatu hal dengan kalimat-kalimat yang nyaman untuk dibaca. Tapi sekarang ini menjadi berbanding terbalik. Aku merasa kesulitan untuk mendeskripsikan sesuatu hal. Seharusnya, semakin lama menulis, maka semakin baguslah kemampuan menulis seseorang. Nyatanya ini tidak berlaku pada diriku. Kemampuan menulisku makin menurun. Untuk membuat 1 paragraf saja butuh waktu lama. Jadi berpikir, apakah ini pengecualian saja bagi diriku, dimana orang lain tidak mengalami hal yang berlaku pada diriku. 

Template 
Yang tidak kalah penting dari blog Coretan Hidup adalah masalah template. Template seolah menjadi kunci utama bagi diriku untuk bersemangat dalam menulis. Terkadang ada template yang desainnya bagus, tetapi jenis huruf (font) sangat tidak menyelerakan. Pun begitu sebaliknya. Hal ini tentu mempengaruhi sekali moodku dalam menulis. Pokoknya sudah tidak terhitung lagi berapa kali aku berganti-ganti template demi memenuhi selera penglihatan mataku akan suatu keindahan template yang berkesesuaian. 

Harapan 
Tidak mudah untuk bertahan selama kurun waktu 3 tahun dalam ranah blog. Masalah utamanya adalah produktifitas untuk menghasilkan tulisan. Awal sekali dari kemunculan blog Coretan Hidup, produktifitas untuk menghasilkan tulisan bisa dibilang lumayan. Seiring waktu, terjun bebas ke titik yang terendah. Banyak faktor yang mempengaruhi kemunduranku dalam menghasilkan tulisan. Semuanya itu pernah aku rinci pada postingan-postingan sebelumnya. Tapi apapun itu, aku akan tetap berusaha menghasilkan tulisan baru meski frekuensinya mungkin 1 bulan minimal untuk 1 tulisan. Semuanya itu kulakukan agar blog Coretan Hidup tetap eksis merekam jejak perjalanan hidupku.

6 komentar:

  1. selamat ulang tahun yang ke 3 untuk coretan hidup

    BalasHapus
  2. met ultah ya, moga tetep rajin nulis.

    BalasHapus
  3. wah, udah 3 tahun ^^
    tetap semangat ngeblog ya..

    BalasHapus
  4. Selamat ulang tahun yang ketiga utk Coretan Hidup...
    Seingatku... awal mula membuat blog ini namanya bukan Coretan Hidup kan ya?
    Kalau gak salah mirip2 dengan nama blogku yang satunya :D
    Eh, daya ingatku masih bisa diandalkan gak sih? hehehe

    BalasHapus
  5. yang penting nulis saja bro, saya saja templet-nya polos terus selama lebih dari tiga tahun

    BalasHapus