Senin, 12 Agustus 2013

Lebaran Pertama Dilla


Tidak terasa hari ini Dilla telah berusia 2 bulan 1 minggu. Tentu banyak hal yang terjadi selama masa tersebut. Ada hal yang gembira dan ada pula hal yang menyedihkan dalam perkembangan Dilla selama 2 bulan terakhir itu. Semuanya menjadi pengalaman yang begitu mengesankan bagiku sebagai orangtuanya. Pengalaman-pengalaman itu antara lain : 

Dilla Untuk Pertama Kalinya Ikut Berlebaran  
Pada hari Kamis dan Jumat, tanggal 8 dan 9 Agustus 2013 kemarin, untuk pertama kalinya Dilla merasakan bagaimana meriahnya suasana hari raya. Meski tidak mengerti apa-apa, tapi Dilla tetap ingin bergaya dengan baju-baju baru hadiah dari orang-orang saat ia dilahirkan. Takutnya nanti kalau baju-baju hadiah itu jarang digunakan, malah tidak muat lagi dibadan Dilla saat ia bertambah besar. Sebenarnya sih yang heboh mendandanin itu orangtuanya yang ingin melihat Dilla tampil cantik saat bersilaturahmi ke rumah nenek-kakek, om dan tante-tantenya. 

Baju yang dipakai Dilla saat lebaran hari pertama
Dilla dengan aksesoris bandonya

Pada hari pertama lebaran, Dilla menggunakan baju berwarna biru dengan model feminim ditambah aksesoris bando. Sedangkan pada hari kedua lebaran, Dilla menggunakan baju berwarna merah dengan model agak sedikit tomboy ditambah aksesoris topi kupluk. Dengan baju model tomboy inilah, Dilla untuk pertama kalinya diajak jalan agak jauh untuk bersilaturahmi ke rumah nenek Hamdiah di daerah Sungai Kunjang, Samarinda. Menuju kesana, persiapan Dilla lumayan banyak lho, persis kaya’ orang mau kemping.


Baju yang dipakai Dilla pada hari kedua lebaran
Baju yang dipakai Dilla pada hari kedua lebaran

Perkembangan Dilla Dalam 2 Bulan Terakhir  
Dalam 2 bulan terakhir ini, banyak hal yang terjadi pada Dilla, sebagai berikut : 

Ruam Popok :
Saat awal-awal Dilla dibawa ke rumah sesaat setelah keluar dari rumah sakit, kami baru menyadari bahwa Dilla ternyata mengalami ruam popok akibat diapers yang ia gunakan selama di rumah sakit. Kemungkinan jenis diapers yang digunakan di rumah sakit itu, kualitasnya tidak begitu bagus sehingga pantat Dilla sensitif dan menyebabkan iritasi dan lecet dengan warna yang kemerah-merahan. Seorang teman kantor memberitahu kami untuk mencoba salep guna mengatasi ruam popok tersebut. Alhamdullillah, dalam beberapa hari, ruam popok yang dialami Dilla berangsur-angsur sembuh.

Salep untuk mengatasi ruam popok Dilla

Aktivitas Tidur :  
Sekarang ini Dilla agak susah untuk ditidurkan. Pada awalnya, Dilla hanya susah tidur pada malam hari, sementara pagi sampai sore ia bisa tidur nyenyak dan hanya sesekali saja bangun saat haus dan mengompol. Untuk itu, pada malam hari, kami sering mengayunnya agar ia cepat tertidur, dan itu berhasil. Tapi saat sekarang ini, ayunan itu malah menjadi momok bagi kami. Dilla maunya ayunannya itu harus selalu digoyang-goyangkan. Apabila kami diamkan, maka dalam waktu kurang dari 15 menit, ia akan bereaksi dan menangis. Akhirnya kami jadi kelelahan sendiri. Mau beraktivitas yang lain jadi terganggu karena Dilla tidak mau ayunannya diam ditempat. Kami juga harus sering bergadang dengan kebiasaan baru Dilla tersebut.

Gumoh dan Muntah :  
Hal yang kadang mencemaskan aku tentang Dilla adalah ia sering mengeluarkan susu yang ia minum. Kadang dalam jumlah yang banyak. Aku bingung kenapa bisa begitu? Bahkan pernah cairan susu itu keluar dari hidungnya. Aku lalu mencoba mencari tahu penyebab hal tersebut di internet. Ternyata itu adalah gejala gumoh. Kemungkinan terjadi karena pemberian susu yang banyak dimana lambung bayi belum terlalu besar untuk menampung susu yang ia minum. Yang patut untuk diwaspadai adalah apabila ia mengalami muntah dimana si bayi mengeluarkan cairan melebihi kondisi dari gumoh.

Imunisasi :  
Pada tanggal 17 Juli 2013, Dilla untuk pertama kalinya diimunisasi saat berat badannya telah mencapai 3 ons di Klinik Harmoni, Jembatan Baru, Samarinda. Jenis imunisasi pertama yang diberikan adalah BCG, Polio I. Insya Allah imunisasi-imunisasi selanjutkan akan menyusul setiap bulannya. Semoga Dilla kuat menerima imunisasi tersebut.

6 komentar:

  1. Oh... sudah punya momongan ya?
    Selamat yaaa... sorry telat karena jarang mampir kesini.
    Apa kabarnya?

    Oyaa... sekalian mau ngucapin :
    Taqabbalallahu minna waminkum
    Selamat Hari Raya Idul Fitri, 1 Syawal 1434 H.
    Mohon Maaf lahir dan bathin

    BalasHapus
  2. Selamat ya Ifan, atas kelahiran putri pertama nya, Dilla cantik sekali, eeh nama bunda afifah nyelip ya hehehe... hrsnya afifa, dilengkapi jadi AFIFAH gituuu..."h" nya kurang...

    BalasHapus
  3. Mohon maaf lahir batin ya, salam untuk keluarga

    BalasHapus
  4. Mohon maaf lahir batin mas Ifan...

    BalasHapus
  5. ya ampun dd nya lucu bangeettt, gemesin... salam kenal ya bang

    BalasHapus
  6. dd dilla lucu banget, salam kenal mas

    BalasHapus